Yogyakarta

Tambah Pasokan, Pertamina Pastikan Stok LPG Aman Jelang Puasa

Kebutuhan LPG subsidi kemasan tiga kilogram (Kg) diyakini bakal melonjak pada saat bulan puasa mendatang.

Tambah Pasokan, Pertamina Pastikan Stok LPG Aman Jelang Puasa
Tribun Jogja/ Agung Ismiyanto
Seorang pemilik pangkalan gas 3 kilogram di Trirenggo, Bantul sedang menata tabung gas di pangkalannya, Jumat (27/5/2016). Memasuki bulan puasa, Pemkab setempat akan mengusulkan tambahan alokasi gas mencapai 10 hingga 20 persen dari kuota harian. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kebutuhan LPG subsidi kemasan tiga kilogram (Kg) diyakini bakal melonjak pada saat bulan puasa mendatang.

Selain itu, kebutuhan LPG non subsidi seperti kemasan 5,5 Kg dan di atasnya diperkirakan juga bakal naik, karena bertepatan dengan perayaan puasa.

Rata-rata kenaikannya mencapai lima hingga tujuh persen di wilayah Yogyakarta.

SE LPG Pertamina MOR IV DIY, Ali Akbar Velayati mengatakan, kecenderungan ini memang terjadi setiap tahunnya jelang perayaan puasa, sehingga pihaknya juga telah mempersiapkan tambahan stok.

BPR Yakin Pertumbuhan Aset dan Penyaluran Kredit Capai Dua Digit di 2019

"Kalau keseluruhan Jateng-DIY itu bisa hingga 10-12 persen naiknya, itu dari pengalaman kita tahun-tahun sebelumnya. Kalau kurang kita juga pasti tambah sesuai dengan kebutuhan yang ada," kata Akbar, Senin (29/4/2019).

Ia memastikan kebutuhan LPG subsidi maupun yang non subsidi di wilayah DIY akan aman sepanjang perayaan ibadah puasa 2019 nanti.

Hingga kurang dari sepekan lagi, Pertamina juga telah mulai mengedarkan dan menambah pasokan stok LPG di wilayah DIY.

Indocement Kenalkan Slag Cement di Kampus Atma Jaya Yogyakarta

Sementara, untuk kebutuhan LPG non subsidi, Akbar menyampaikan kebutuhan diyakini akan meningkat hingga 10 persen lebih. Namun, kebutuhan itu dipastikan hanya meningkat menjelang ibadah puasa dan akan cenderung turun sebelum perayaan lebaran.

"Memang porsi kebutuhan LPG tiga kilo bisa hampir 90 persen di wilayah Kota, kenaikan permintaan kemungkinan bisa lebih dari 7 persen. Tren-nya juga meningkat saat sebelum puasa sampai dua minggu sesudah. Kalau secara keseluruhan stok aman," imbuhnya. (tribunjogja I Yosef Leon Pinsker)

Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved