Jawa

RSJ Kota Magelang Layani Vaksinasi Meningitis Internasional

Layanan vaksin ini penting untuk melindungi para jemaah haji, dan calon tki dari risiko tertular penyakit meningitis meningokokus.

RSJ Kota Magelang Layani Vaksinasi Meningitis Internasional
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan RI, DR. dr. Fidiansjah, Sp.KJ.,MPH memaparkan pentingnya vaksinasi meningitis kepada para calon Jemaah haji, umroh dan calon TKI. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Layanan vaksinasi untuk para calon jemaah haji, umroh, dan calon tenaga kerja indonesia (TKI) kini dapat diakses di RSJ dr Soerojo, Kota Magelang.

Layanan vaksin ini penting untuk melindungi para jemaah haji, dan calon tki dari risiko tertular penyakit meningitis meningokokus.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan RI, yang juga selaku Ketua Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI), DR dr Fidiansjah, Sp KJ, MPH, pada Senin (29/4/2019) meresmikan Layanan Vaksinasi Internasional tersebut di RSJ dr Soerojo, Kota Magelang.

Sewindu Tribun Jogja, Bertekad Jadi Media Rujukan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Direktur Utama RSJ Prof dr Soerojo, Eniarti, mengatakan, layanan vaksinasi meningitis ini penting agar para calon jamaah haji dan umroh ataupun tenaga kerja indonesia dapat terlindungi dari penyakit saat mereka berhaji atau bekerja di luar negeri.

"Layanan ini untukmasyarakat yang hendak melakukan ibadah haji maupun umroh. Vaksin ini wajib dilakukan calon jamaah haji dan umroh untuk melindungi dari penyakit," kata Eniarti pada Tribunjogja.com.

Ia mengatakan, betapa pentingnya vaksinasi meningitis untuk mencegah penyakit meningokokus.

Diskominsta Kota Magelang Ajak Milenial Kreatif dan Produktif Bermedia Sosial

Pasalnya, penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian.

Efektivitas vaksin meningitis ini sendiri sudah teruji hingga 90 persen efektif, juga telah mendapatkan label halal.

“Efektifitas vaksin meningitis mencapai 86 – 90 %. Vaksin meningitis juga telah mendapatkan sertifikat Halal sesuai fatwa MUI nomor 4 tahun 2016,” ujarnya.

Eniarti mengatakan, layanan vaksinasi di Rumah Sakit Jiwa Magelang sendiri diberikan oleh staff medis yang sudah terlatih secara khusus dan berlisensi melakukan tindakan vaksinasi.

Reli Mobil Kuno Semarakkan Hari Jadi Kota Magelang 2019

"Masyarakat tinggal datang ke Rumah Sakit Jiwa Magelang dengan membawa identitas, fotokopi pasport, pas photo ukuran 3 x 4 2 lembar, serta mengisi form permohonan vaksinasi yang telah disediakan,. Usai vaksinasi, pasien akan mendapat sertifikat vaksinasi atau ICV," katanya.

Layanan yang diberikan, menurut Eniarti, meliputi tekanan darah dan vaksinasi.

Bagi ibu usia subur, lanjut Eniarti, akan dilakukan pemeriksaan urine terlebih dahulu, untuk dipastikan tidak sedang dalam kondisi hamil.

"Haji/umroh yang legal yakni adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang mengungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan eknomis," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan RI, DR dr Fidiansjah, Sp KJ,MPH.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved