Polisi Selidiki Hubungan Penembak Sinagoge dengan Kebakaran Masjid di AS

Penyelidik kini mencari apakah Earnest mengunggah surat yang mengklaim upaya pembakaran sebuah gedung Pusat Islami Escondido pada 24 Maret lalu.

Polisi Selidiki Hubungan Penembak Sinagoge dengan Kebakaran Masjid di AS
IST/AFP /SANDY HUFFAKER
Rabi Yisroel Goldstein menjadi salah satu korban luka dalam penembakan di sinagoge di kota Poway, California, Sabtu (27/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pelaku penembakan sinagoge di San Diego, AS, kemungkinan terkait dengan kasus upaya pembakaran sebuah masjid terdekat.

Diwartakan Newsweek, Minggu (28/4/2019), tersangka bernama John Earnest melepaskan tembakan di sinagoge Kongregasi Chabad di Poway pada Sabtu lalu, hingga menewaskan satu orang dan melukai tiga orang lainya.

Dia telah ditangkap dan dihadapkan pada dakwaan pembunuhan tingkat pertama dan percobaan pembunuhan.

Penyelidik kini mencari apakah Earnest mengunggah surat pada situs web 8chan yang mengklaim upaya pembakaran sebuah gedung Pusat Islami Escondido pada 24 Maret lalu.

Escondido terletak sekitar 24 km dari Poway, yang juga bertetangga dengan kota San Marcos, tempat Earnest menempuh kuliah.

Surat yang diunggah sesaat sebelum serangan penembakan itu penuh degan ocehan anti-Semit, rasial, dan rincian spesifik tentang pembakaran masjid.

"Saya membakar sebuah masjid di Escondido dengan bensin seminggu setelah pengorbanan Brenton Tarrant dan mereka (polisi) tidak pernah bisa menemukan saya," demikian bunyi surat itu.

Seperti diketahui Tarrant merupakan pelaku penembakan serangan teror Selandia Baru, yang juga menggunakan situs tersebut.

Laporan USA Today menyebutkan, insiden kebakaran pada masjid Dar-ul-Arqam yang juga dikenal sebagai Islamic Center of Escondido terjadi pada Minggu (24/3/2019), pukul 03.15.

Dalam peristiwa itu, CCTV masjid menangkap gambar seseorang sedang menghancurkan kunci gerbang tempat parkir. Kemudian dia masuk dan menuangkan cairan di dekat pintu samping. Setelah itu, orang itu menyalakan api sehingga membuat masjid terbakar.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved