Bantul

DKUKMP Buat Program Inkubator dan ICSB untuk Kembangkan UMKM di Bantul

DKUKMP Buat Program Inkubator dan ICSB untuk Kembangkan UMKM di Bantul

DKUKMP Buat Program Inkubator dan ICSB untuk Kembangkan UMKM di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Dwi Ratmanto bersama pemuda Dusun Baros, Tirtohargo, Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul tengah membuat kerajinan berbahan dasar limbah kayu laut (Drifwood). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Koperasi UKM Perindustrian Bantul membuat program inkubator dan tim International Council Small Business (ICSB).

Dua program ini bertujuan untuk mengangkat usaha kecil menengah (UKM) di Bantul yang jalan di tempat atau dalam kondisi stagnan.

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi UKMP Bantul, Juwahir mengatakan inkubator ini memang untuk mengatasi UKM yang terhenti karena berbagai sebab. Katanya, ada 10 persen UKM yang stagnan dari 47.000 UKM yang ada di Bantul.

"Inkubator ini untuk mengobati usaha yang stagnan. Umpamanya, pelaku usaha tempe atau tahu yang gitu-gitu aja, ada penyakitnya, manajemennya, marketingnya, permodalannya, tempatnya, banyak yang memengaruhi," kata Juwahir, Senin (29/4/2019).

Ajarkan Budi Pekerti Kepada Anak Lewat Dongeng

DKUKMP akan melakukan pengecekan untuk seluruh UKM di Bantul agar dapat terjangkau program inkubator ini.

"Kita adakan pemeriksaan, berlaku untuk seluruh UMKM di Bantul. Banyak di Bantul, 10 persen dari 47.000 yang stagnan," paparnya.

Menurutnya, UKM ini harus dihidupkan kembali, karena ia ingin UKM menjadi tulang punggung perekonomian di desa. Masyarakat desa bisa mandiri secara ekonomi melalui UKM.

Dukung Kreativitas Milenial, The Rich Jogja Hotel Gelar Young Fashion Competition

"Kalau di desa, UKM itu tulang punggung bukan lagi usaha sampingan," ujarnya.

Selain menyasar UKM yang tengah mati suri, DKUKMP juga menyasar UKM yang berpotensi untuk berkembang dan memiliki produk yang mewakili citra Bantul untuk program ICSB. "ICSB menggodok pelaku usaha untuk naik kelas, program ini sudah berjalan," tuturnya. (tribunjoja I Amalia Nurul Fanthonaty)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved