Kulon Progo

141 CPNS Kulon Progo Bakal Jalani Diklatsar

Diklatsar rencananya akan digelar pada Kamis (2/5/2019) di BPPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta.

141 CPNS Kulon Progo Bakal Jalani Diklatsar
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo menggelar sosialisasi jadwal pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun 2018 di Ruang Sermo Kompleks Pemda Kulon Progo, Senin (29/4/2019).

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, Diklatsar rencananya akan digelar pada Kamis (2/5/2019) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPPSDM) Kemendagri Regional Yogyakarta.

Kepala Bidang Pengembagan Pendidikan dan Pelatihan, BKPP Kulon Progo, Raden Trusta Hendraswara mengatakan diklatsar akan diikuti 141 peserta dan berlangsung selama 53 hari.

Sewindu Tribun Jogja, Bertekad Jadi Media Rujukan dalam Era Revolusi Industri 4.0

Sosialisasi ini bertujuan memberi pembekalan kepada calon peserta Diklatsar.

Adapun latihan bela negara di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk Kodam (Dodiklatpur Rindam) IV/Diponegoro Klaten.

"Kami menargetkan peserta Diklatsar bisa lulus semua sebagai syarat pengangkatan CPNS nantinya. Ini adalah Angkatan ke 20 secara keseluruhan. Untuk Kulon Progo angkatan kemarin sejumlah tujuh peserta, sekarang ada 141 peserta dari total 375 peserta dan wajib tahun ini," kata Trusta, Senin (29/4/2019).

Kepala Sub Bidang Diklat BKPP Kulon Progo, Restoris A Fatiha, mengungkapkan berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2014, seseorang yang diangkat menjadi CPNS wajib menjalani masa percobaan melalui Diklatsar.

CPNS formasi umum 2018 pada golongan II dan III wajib mengikuti Diklatsar.

CPNS yang akan diangkat menjadi PNS harus memenuhi persyaratan lulus Diklatsar, sehat jasmani rohani.

Pelaksanaan Diklatsar CPNS sekarang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap internalisasi, tahap aktualisasi, dan tahap evaluasi aktualisasi.

Tahap internalisasi dilaksanakan selama lima minggu.

Pada tahap ini, peserta tidak hanya diberi materi diklat, tapi juga diberi pelatihan Mental, Fisik, dan Disiplin (MFD) dan wajib menyusun Rencana Pelaksanaan Aktualisasi (RPA).(*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved