Sport

President Director TWC Sebut Para Pelaku Wisata Terimbas Manfaat Mandiri Jogja Marathon

Banyak pelaku wisata di sekitar Candi Prambanan yang juga mendapatkan keuntungan dari adanya Mandiri Jogja Marathon 2019.

President Director TWC Sebut Para Pelaku Wisata Terimbas Manfaat Mandiri Jogja Marathon
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Sejumlah pelari peserta Mandiri Jogja Marathon 2019 melintas di kawasan Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (28/4/2019). Gelaran Mandiri Jogja Marathon 2019 yang diikuti 7.500 peserta melewati rute eksotis disekitar kawasan Candi Prambanan berupa perkampungan, persawahan dan sejumlah candi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Adanya Mandiri Jogja Marathon 2019, bukan hanya berdampak pada ramainya Candi Prambanan yang dikunjungi oleh para pelari, namun juga para pelaku wisata lain ikut terkena dampak positif.

President Director PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono menyampaikan jika banyak pelaku wisata di sekitar Candi Prambanan yang juga mendapatkan keuntungan dari adanya kegiatan tersebut.

Dia mengatakan jika dalam dua hari terakhir, hotel yang ada disekitar Prambanan kebanyakan full di-booking oleh para pelari dan transportasi menuju Yogyakarta juga mengalami hal yang sama.

Enam Jajanan Kekinian di Jogja yang Wajib Dicoba

Selain itu, karena even ini sudah diagendakan jauh-jauh hari oleh peserta, dari sekian ribu peserta pasti ada yang mengunjungi destinasi lain maupun membeli kuliner dan oleh-oleh.

"Ini even sudah lama dipersiapkan, jadi orang dari jauh-jauh hari sudah punya agenda setelah ikut lari. Selian itu, banyak travel agen yang membuat paket-paket, dari hotel, tiket, wisata, jadi saya kira sangat positif sekali. Kan nantinya setelah even ini selesai, para peserta biasanya sekalian liburan. Ada kuliner, wisata cindera mata yang dapat dampak," terangnya.

Untuk Prambanan sendiri, Edy mengatakan jika dengan adanya even seperti ini juga diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Mandiri Jogja Marathon 2019 Turut Libatkan Masyarakat Sekitar Candi Prambanan

Yang mana ketika para peserta ini baru pertama kali mengunjungi Prambanan, maka diharapkan bisa berkunjung ulang dikemudian hari.

"Kalau orang yang baru sekali datang dan ikut lari, disana dia melihat Prambanan dengan durasi pendek karena harus ikut kegiatan. Ini kan yang ikut ribuan. Kita berharap setelah mereka melakukan ini, akan berkunjung ulang. Bayangkan, setiap tahun ada kunjungan ulang, maka akan luar biasa," terangnya.

Menurutnya, Mandiri Jogja Marathon sangat menarik karena ada perpaduan antara sport dan budaya yang jarang didapatkan dimana-mana.

Menurutnya, even ini sangat mungkin sekali dijadikan even Internasional di kemudian hari.

Mandiri Jogja Marathon 2019 Ikut Promosikan Keindahan Alam dan Budaya Lokal

"Tourism itu eksekusi nya adalah experience, itu bisa didapat dari berbagai macam aktivitas. Salah satunya adalah sport seperti ini. Makanya kita sangat senang sekali ada even seperti ini dan ini adalah even yang setiap tahun kita lakukan. Alhamdulillah bisa berjalan terus. Kita lihat animo cukup besar, sekian ribu.

Sementara itu, Rini Soemarno Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyampaikan jika memang kegiatan Mandiri Jogja Marathon mengkombinasikan antara wisata dan sport.

Menurutnya, even ini juga bertujuan untuk mempromosikan Candi Prambanan.

"Kita kombinasikan maraton dengan wisata, makanya diadakan di Prambanan. Kita ingin mempromosikan Prambanan bahwa aktivitas sport sehat bisa dilakukan dengan menikmati keindahan Indonesia.
Tadi kita lihat lewat sawah, Candi Prambanan. Makin tahun makin bagus. Milineal makin banyak," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved