Gunungkidul

Begini Strategi Bupati Gunungkidul Kembangkan Potensi Wisata di Wilayahnya

Ada tiga komponen sosialisasi yang diterapkan Bupati Gunungkidul untuk mengembangkan potensi dan prospek wisata di wilayahnya.

Begini Strategi Bupati Gunungkidul Kembangkan Potensi Wisata di Wilayahnya
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Tarian tradisional Gunungkidul saat membuka rangkaian acara GTF 2019 di Amphitheater Gunung Sewu Komplek Geopark Gunung Sewu dan Embung Nglanggeran, Gunungkidul, Sabtu (27/4/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Semakin berkembangnya potensi wisata yang banyak bermunculan di kawasan Gunungkidul tak lepas dari peran serta pemerintah daerah.

Bupati Gunungkidul, Badingah menyebut hadirnya beragam potensi wisata ini diperlukan kerjasama berbagai pihak untuk terus menjadikan Gunungkidul sebagai destinasi wisata pilihan baik domestik maupun mancanegara.

Untuk mengembangkan potensi dan prospek wisata di Gunungkidul tersebut, Badingah menyebut diperlukan dukungan tiga komponen sosialisasi, yakni branding, promosi dan pemasaran.

Enam Jajanan Kekinian di Jogja yang Wajib Dicoba

"Munculnya pariwisata menunjukkan prospek positif, lewat komponen sosialisasi itu kita harap bisa mewujudkan pariwisata yang terkemuka, berdaya saing, kuat dan berpengaruh nyata bagi masyarakat Gunungkidul," sebutnya, Sabtu (27/4/2019) malam.

Badingah melanjutkan, komponen tersebut telah dirintis oleh pihaknya sejak beberapa tahun lalu.

Baik melalui dinas, pengelola wisata maupun pihak lain dalam hal ini pegiat wisata.

"Ini akan terus menerus kita lakukan khususnya melalui event promosi dan pemasaran yang intensif," lanjutnya.

Seniman Asal Gunungkidul Ini Manfaatkan Limbah Kayu Palet Jadi Media Lukis

Salah satu event yang diapresiasi adalag Gunungkidul Tourism Festival (GTF) 2019 yang perdana dilaksanakan di Embung Nglanggeran, Sabtu (27/4/2019) kemarin.

Badingah berharap event semacam ini bisa terus dilaksanakan dengan konsep yang lebih menarik, kreatif dan inovatif dengan menggandeng pihak-pihak lain yang lebih luas.

"Sehingga tujuan promosi pariwisata Gunungkidul yang terkemuka dan berbudaya bisa dicapai lebih efektif," tutup Badingah. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved