Breaking News:

Pemilu 2019

KPU Sleman Gelar PSU dan PLS, Lisa Lega Akhirnya Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

KPU Sleman Gelar PSU dan PLS, Lisa Lega Akhirnya Bisa Menggunakan Hak Pilihnya

Tribun Jogja/ Santo Ari
Pemilih yang 17 April lalu kehabisan surat suara mengikuti pemungutan suara lanjutan di TPS 043 Catur Tunggal, Depok, Sleman, Sabtu(27/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Lisa (22) mahasiswa UGM asal Tangerang akhirnya dapat lega setelah bisa melakukan pencoblosan dalam Pemungutan Suara Lanjutan (PSL), Sabtu (27/4/2019).

Lisa adalah satu dari sekian banyak pemilih yang tak dapat menggunakan haknya dalam Pemilu serentak 17 April lalu.

Lisa mendatangi TPS 043 Caturtunggal, Depok Sleman untuk memilih presiden dan wakil presiden. Ia baru bisa menggunak kan hak suaranya, karena pada 17 April kemarin TPS yang dituju kehabisan surat suara.

"Sempat kecewa gara-gara kehabisan surat suara. Saat itu juga merasa tidak adil, karena ada teman yang bisa menggunakan A5 di TPS lain, tidak di TPS-nya sendiri," ujarnya.

Lisa mengaku kini lega berhasil menggunakan hak suaranya. Ia pun tetap merasa antusias meski harus mundur selama 10 hari untuk mencoblos.

Raih Suara Terbanyak, Andika Pandu Puragabaya Optimis Lolos ke Senayan

Ada 4 Pemilih Luar Daerah yang Nyoblos Pakai e-KTP, TPS 02 Sumbermulyo Gelar PSU

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ikhsan Siregar mengatakan bahwa mereka yang melakukan pendaftaran saat hari H Pemilu saja yang kini bisa mengikuti PSL.

"Prinsip yang kami ikuti adalah bagaimana menjaga dan menyelamatkan hak pilih bagi mereka yang sudah terdaftar dalam Formulir C7 namun tidak mendapatkan surat suara karena kurang. Sedangkan untuk pemegang A5 yang belum mendaftar di TPS manapun, tidak bisa menggunakan hak suaranya dalam PSL," ungkapnya.

Untuk Kecamatan Depok sendiri terdapat 15 TPS yang melaksanakan PSL dengan total pemilih sebanyak 320 orang.

Dari 15 TPS tersebut ada empat TPS yang digabung menjadi dua TPS. Sehingga total ada 13 TPS yang digunakan untuk PSL kali ini.

Selain itu di Kalasan terdapat dua TPS yang melaksanakan PSL dengan jumlah pemilih 49 orang. Mereka yang memilih untuk PSL ini adalah DPT, DPTb, dan DPK yang saat 17 April lalu kehabisan surat suara dan sudah terdaftar dalam formulir C7. (tribunjogja I santo ari)

Penulis: Santo Ari
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved