Breaking News:

Pemilu 2019

Tingkat Partisipasi Pemilih PSU di TPS 052 Caturtunggal Menurun

Indah Sri Wulandari menjabarkan, di luar jumlah kesalahan pemilih pada hari H 17 April terdapat 245 orang yang berhak menggunakan suaranya.

TRIBUNJOGJA.COM / HASAN SAKRI
ILUSTRASI PEMUNGUTAN SUARA ULANG. Warga menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara ulang di TPS 52, Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Rabu (24/4/2019). DI TPS tersebut dilakukan pemungutan suara ulang untuk pemilihan presiden karena pada pemungutan suara 17 April yang lalu KPPS melayani pemilih lura daerah yang hanya menggunakan E-KTP tanpa formulir A5. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tingkat partisipasi dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 052 Caturtunggal menurun dibandingkan saat pemungutan 17 April.

Adapun PSU yang digelar Rabu (24/4/2019) kemarin dilakukan lantaran pada 17 April lalu, terjadi kesalahan di mana panitia mengizinkan pemilik eKTP yang diluar domosili menggunakan haknya, tanpa mempunyai A5.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Sleman, Indah Sri Wulandari menjabarkan, di luar jumlah kesalahan pemilih pada hari H 17 April terdapat 245 orang yang berhak menggunakan suaranya.

Terdiri dari 229 DPT, 10 DPK dan 6 DPTb, dengan angka tersebut maka tingkat partisipasi di TPS tersebut 87,8%.

Sedangkan dalam PSU kemarin hanya diikuti 205 Dpt 205, DPK 10, dan tidak ada DPTb dengan tingkat partisipasi 77,1%.

PSU dan PSL di Bantul Bertambah Satu jadi 14 TPS, Digelar Serentak 27 April

"Berarti ada penurunan tingkat partisipasi 10,7 %. Diduga karena PSU dilakukan saat hari kerja. Padahal dari KPU juga sudah ada surat dispensasi untuk melakukan pencoblosan yang ditujukan ke kantor atau sekolah," jelas Indah saat ditemui Kamis (25/4/2019).

Selain di TPS 052 Caturtunggal, pemungutan suara ulang juga dilakukan di TPS 03 Argomulyo Cangkringan.

Namun sampai berita ini ditulis, Indah belum menerima hasil rekap partisipasi dari TPS tersebut.

Sementara itu, Ketua KPPS 052 Caturtunggal, Imam Basuki, membenarkan bahwa tingkat partisipasi saat PSL menurun.

"Selain karena hari kerja, pemilih A5 yang kemarin nyoblos (17 April) tidak ada yg hadir saat PSL. Mungkin karena kurang antusias karena hasil apapun tidak merubah nasib (calon presiden - wakil presiden) 01 atau 02," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved