Yogyakarta

Peningkatan Jumlah Hoaks yang Beredar Juga Terjadi di DIY

Jumlah berita hoaks soal politik dan seputar Pemilihan Presiden (Pilpres) di DIY maupun nasional meningkat tajam.

Peningkatan Jumlah Hoaks yang Beredar Juga Terjadi di DIY
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jumlah berita hoaks soal politik dan seputar Pemilihan Presiden (Pilpres) di DIY maupun nasional meningkat tajam.

Pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menerjunkan satuan tugas (Satgas) khusus untuk memvalidasi dan mengklarifikasi berita hoaks tersebut.

Menkominfo, Rudiantara menjelaskan, berita hoaks ini semakin meningkat meskipun Pilpres sudah berakhir.

Pihaknya pun menangani berita-berita hoaks tersebut dengan menyiapkan satgas khusus untuk melakukan klarifikasi, validasi pada berita hoaks yang mengarah pada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Direktur Indikator Politik Laporkan 4 Akun Penyebar Hoaks ke Polisi

“Kami heran Pilpres sudah selesai hoaks masih ada bahkan jumlahnya meningkat dari sebelumnya,” ujar Rudiantara usai menjadi salah satu pembicara dalam acara rapat koordinasi pengendalian pembangunan daerah triwulan I tahun 2019 di Hotel Eastparc, Kamis (25/4/2019).

Rudiantara menjelaskan, dari pendataan yang dilakukan oleh Satgas Kemenkominfo, jumlah hoaks terjadi peningkatan dari bulan Agustus 2018 (25), Desember 2018 (75), Januari (175), Februari (353), Maret (430).

“Dan, pada bulan April sampai tanggal 22 April ini lebih banyak dari bulan Maret. Dari validasi yang kami lakukan berita hoaks ini 23 persennya adalah politik dan berkaitan dengan capres dan pencapresan,” urainya.

Pihaknya pun melaksanakan pengawasan dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk penindakan pada penyebaran hoaks ini.

Pihaknya juga mengingatkan agar para penyebar jangan melempar hoaks pada KPU.

“Kami percaya pada KPU sebagai lembaga kredibel dan independen. Orang-orangnya juga dipilih DPR juga,” urainya.

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved