Kota Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta Minta Wajib Pajak segera Bayar PBB

Pada tahun ini, lanjutnya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) sebanyak 94.538 lembar dengan nilai ketetapan Rp 95,1 miliar.

Pemkot Yogyakarta Minta Wajib Pajak segera Bayar PBB
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wajib pajak yang diundang dalam Pekan Panutan PBB bisa kangsung membayar pajaknya di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Kamis (25/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan pekan panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Kamis (25/4/2019).

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta, Wisnu Budi Irianto menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan keteladanan bagi wajib pajak yang lain agar membayar PBB tepat waktu.

"Harapannya aparat pemerintah, tokoh, dan pengusaha yang menjadi panutan bagi wajib pajak yang lain. Target panutan 654 wajib pajak dengan ketetapan Rp 24,1 miliar. Hari ini diharapkan 20 persen membayar PBB," ucapnya dalam sambutan.

BKAD Bantul Harapkan Collecting Ratio PBB Meningkat dengan Lakukan Inovasi-inovasi Pelayanan

Staf Ahli Walikota Bidang Umum, Tri Widayanto menjelaskan bahwa pajak menjadi kunci sukses pembangunan di daerah karena pajak, termasuk PBB menjadi pendapatan dominan dan penting bagi pembangunan di Kota Yogyakarta.

"Oleh sebab itu, maka upayapya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak perlu dilakukan terus menerus seperti melalui pekan panutan PBB yang rutin digelar untuk gerakan kesadaran bayar lebih awal dan tidak perlu menunggu hingga batas akhir," ungkapnya.

Pada tahun ini, lanjutnya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) sebanyak 94.538 lembar dengan nilai ketetapan Rp 95,1 miliar.

Ia pun berharap, setelah penyelenggaraan pekan panutan PBB, banyak wajib pajak yang membayar pajak sebelum batas waktu yang ditetapkan yakni 30 September 2019.

"Target 2019 ini adalah Rp 82,5 miliar dan kalau bisa realisasinya di atas itu," ungkapnya.

Sebanyak 94.538 SPPT PBB Diserahkan ke Lurah di Kota Yogya

Pemimpin Bank BPD DIY Cabang Senopati, R Wahyu Wijonarko menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan sinergitas untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mau membayar pajak tepat waktu.

"Kami terus melakukan layanan, inovasi dan kemudahan berupa counter dan beberapa fasilitas perbankan yang bisa digunakan untuk membayar pajak seperti ATM dan mobile banking," tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved