Agenda Jogja Hari Ini

Mendikbud RI Akan Buka Pekan Pendidikan Jogja 2019 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dijadwalkan akan membuka Pekan Pendidikan Jogja 2019 pada 1 Mei 2019 mendatang.

Mendikbud RI Akan Buka Pekan Pendidikan Jogja 2019 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Jumpa pers Pekan Pendidikan Jogja 2019 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dijadwalkan akan membuka Pekan Pendidikan Jogja 2019 pada 1 Mei 2019 mendatang di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Pekan Pendidikan Jogja yang berlangsung pada 1-4 Mei 2019 ini untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar oleh UPT Kemendikbud se-DIY.

Ketua Panitia sekaligus Kepala LPMP Yogyakarta, Sarjilah mengatakan, pembukaan pameran oleh Mendikbud juga akan dimeriahkan penampilan marching band siswa SD dan pentas gamelan.

Ini Dia Proses Pembuatan Cilok Gajahan Alun-Alun Jogja yang Super Pedas Itu

"Pekan Pendidikan Jogja akan dibuka oleh Bapak Mendikbud. Juga dimeriahkan dengan membatik massal sepanjang 200 meter yang dilakukan oleh siswa SD dan SMP. Juga parade marching band 250 anak SD untuk menyambut kehadiran Mendikbud," ujarnya saat menggelar jumpa pers pada Kamis (25/4/2019).

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, mengusung tema 'Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan', beragam kegiatan bernuansa pendidikan dan kebudayaan akan memeriahkan Pekan Pendidikan Jogja 2019.

Diantaranya, pameran tahun ini akan dimeriahkan dengan gerak jalan kolosal bersama 900 siswa se-DIY bersama Disdikpora DIY.

Selain itu juga dimeriahkan sepeda santai dengan rute 'Napak Tilas Perjalanan Hidup Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara'.

Tanamkan Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

"Sepeda santai ini mengikuti rute napak tilas Ki Hadjar Dewantara ini belajar sejarah yang patut kita gali bagaimana kita bisa menghargai jerih payah pejuang zaman dulu salah satunya dengan mengikuti rute napak tilas," lanjutnya.

Selama empat hari Pekan Pendidikan Jogja 2019 akan menyuguhkan berbagai macam kegiatan yang bernuansa pendidikan dan kebudayaan, seperti pameran pendidikan yang diikuti oleh 11 UPT Kemendikbud se-DIY, pameran buku dan bazar buku murah, seminar, talkshow, dialog.

Selain itu juga dimeriahkan oleh pagelaran seni budaya, parade band SMP SMA SMK se-DIY, marching band oleh siswa SD dan pemutaran enam judul film di bioskop keliling di Benteng Vredeburg Yogyakarta dan sekolah-sekolah di DIY.

Sementara itu, Kepala Museum Benteng Vredeburg, Suharja menuturkan terkait kesiapan museum sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Pendidikan Jogja ini.

"Untuk sarana prasarana pameran, ruang seminar, ruang pertunjukan insyaallah kita siap termasuk listrik juga sudah siap," kata Suharja. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved