Kota Magelang

Anak Disabilitas Rungu Wicara di Kota Magelang Dilatih Servis HP

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang telah dimulai sejak 22 – 29 April 2019.

Anak Disabilitas Rungu Wicara di Kota Magelang Dilatih Servis HP
Dok Humas Pemkot Magelang
Suasana pelatihan keterampilan dasar servis handphone (HP) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Magelang. Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang telah dimulai sejak 22 – 29 April 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sedikitnya 15 anak dengan disabilitas rungu wicara di Kota Magelang mengikuti pelatihan keterampilan dasar servis handphone (HP) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Magelang.

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang telah dimulai sejak 22 – 29 April 2019.

Hardi Siswantono, Kepala Dinsos Kota Magelang, menjelaskan pelatihan ini merupakan program tahunan dengan sasaran anak dengan disabilitas rungu wicara usia 16-18 tahun.

Ini sebagai upaya desiminasi Informasi, Edukasi, Komunikasi (KIE) terkait pemenuhan hak penyandang disabilitas dan hak anak.

"Pelatihan ini sebagai upaya penggalian potensi keterampilan yang dimiliki anak dengan disabilitas, sebagai upaya dukungan kesempatan bagi anak dengan disabilitas untuk berkarya dan berkreasi," ujar Hardi, di kantornya, Kamis (25/4/2019).

Lebih lanjut, kegiatan dipandu oleh penyuluh sosial yang berkolaborasi dengan instruktur tenaga kerja dan pendamping dari SLB YPPALB Putra Mandiri dan SLB Negeri Kota Magelang.

Materi yang diberikan antara lain tentang kepercayaan diri yang disampaikan oleh Dwi Ambar Pratiknyo (penyuluh sosial).

Kemudian materi pengantar elektronika, dasar-dasar servis HP, praktik servis HP oleh Pitoyo dan Sunardi (Instruktur Tenaga Kerja).

"Proses pembelajaran selama pelatihan didampingi pendamping sebagai juru bahasa isyarat guna membantu komunikasi antara peserta dengan pengajar dan instruktur," imbuh Hardi.

Menurutnya, anak dengan disabilitas adalah anak yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental dan/atau sensori yang berpengaruh pada perkembangan mereka.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved