Pemilu 2019

PSU dan PSL di Bantul Bertambah Satu jadi 14 TPS, Digelar Serentak 27 April

PSU dan PSL di Bantul Bertambah Satu jadi 14 TPS, Digelar Serentak 27 April

PSU dan PSL di Bantul Bertambah Satu jadi 14 TPS, Digelar Serentak 27 April
Tribun Jogja/Ahmad Syarifudin
Komisioner KPU Bantul Divisi Sumberdaya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Musnif Istiqomah, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/4/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Jumlah tempat Pemungutan suara (TPS) yang bakal menggelar pemungutan suara ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di Kabupaten Bantul bertambah satu. Awalnya hanya 13 TPS kini menjadi 14 TPS.

"Pemungutan suara ulang di Kabupaten Bantul nambah satu lagi. Jadi 14 TPS. Tambahan ada di TPS 20 Desa Srigading, Kecamatan Sanden," kata Komisioner KPU Bantul Divisi Sumberdaya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Musnif Istiqomah, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/4/2019)

Menurut dia, KPU Bantul saat ini tengah fokus untuk menyukseskan penyelenggaraan pemungutan suara ulang dan lanjutan yang akan digelar pada 27 April 2019 mendatang. Rapat pleno terkait logistik yang dibutuhkan sudah dilakukan.

"Semalam sudah kita pleno kebutuhan logistiknya. Untuk dikirimkan ke Jakarta," terangnya.

Dua TPS di Sleman Gelar Pemungutan Suara Ulang

"Pengadaan logistik ini kan dari Jakarta. Tidak bisa kami adakan sendiri," imbuh dia.

Sayangnya, ketika dimintai terkait data surat suara yang dibutuhkan, Musnif mengaku tidak hafal rinciannya. Namun yang jelas lebih dari 3 ribu surat suara.

Diketahui sebelumnya, 13 TPS yang akan menggelar PSU dan PSL antara lain TPS 3 dan TPS 25 di Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon. Kedua TPS ini akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk satu jenis surat suara yaitu Capres-Cawapres.

Kemudian, TPS 76 di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon. Akan dilaksanakan pemungutan suara lanjutan (PSL) untuk 24 pemilih. Terdiri dari 14 pemilih DPT dan 10 DPK untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden. Lalu di Kecamatan Pandak, di TPS 19 dilakukan PSU untuk surat suara Capres-Cawapres.

Maruf Amin Setuju Petugas KPPS yang Meninggal Diberi Penghargaan dan Santunan

Di TPS 33 Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak juga akan dilaksanakan PSU untuk jenis surat suara Capres-Cawapres. Dan di TPS 51 dilakukan PSU untuk 4 jenis surat suara yaitu capres-cawapres, DPR RI, DPD dan DPRD kabupaten dapil tiga.

Selanjutnya, di TPS 18 di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan akan digelar PSU untuk jenis surat suara Capres-Cawapres dan DPR RI. Kemudian di TPS 10 Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri akan dilakukan pemungutan suara ulang untuk surat suara capres-cawapres dan DPD RI.

Ada juga di Desa Singosaren Kecamatan Banguntapan. Di TPS 9 dilakukan pemungutan suara ulang untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden.

Kemudian, Desa Sidomulyo dan Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro tepatnya di TPS 7 dan TPS 2. Akan dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang untuk jenis surat suara capres-cawapres.

Mengenal Sosok Mujiyono, Petugas KPPS di Bantul yang Gugur ketika Bertugas

Kecamatan Kretek, TPS 19 akan melakukan pemungutan suara ulang untuk surat suara capres-cawapres. Lalu TPS 33 di Desa Tamantirto Kecamatan Kasihan akan dilakukan pemungutan suara lanjutan 10 pemilih DPT untuk surat suara capres-cawapres.

TPS yang akan menggelar PSL dipastikan tidak ada penambahan honor bagi petugas KPPS. Karena hanya menggelar pemungutan suara untuk pemilih yang sebelumnya kurang surat suara.

Namun bagi TPS yang akan menggelar Pemungutan Suara Ulang, kata Musnif sedang diperjuangkan untuk bisa dianggarkan kembali. Melalui perubahan SK. "Iya [akan di anggarkan honornya]," kata Musnif.(tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved