Pemilu 2019

Bawaslu Sleman Rekomendasikan 13 TPS untuk Pemungutan Suara Lanjutan

Pemutakhiran terbaru dari Bawaslu Sleman, terdapat 13 TPS di Sleman yang direkomendasikan menyelenggarakan PSL.

Bawaslu Sleman Rekomendasikan 13 TPS untuk Pemungutan Suara Lanjutan
TRIBUNJOGJA.COM / HASAN SAKRI
PEMUNGUTAN SUARA ULANG. Warga menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara ulang di TPS 52, Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Rabu (24/4/2019). DI TPS tersbeut dilakukan pemungutan suara ulang untuk pemilihan presiden karena pada pemungutan suara 17 April yang lalu KPPS melayani pemilih lura daerah yang hanya menggunakan E-KTP tanpa formulir A5. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - KPU Sleman telah menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS pada Rabu (24/2/2019).

Selain itu dalam waktu dekat juga akan digelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

Pemutakhiran terbaru dari Bawaslu Sleman, terdapat 13 TPS di Sleman yang direkomendasikan menyelenggarakan PSL.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ikhsan Siregar memaparkan, PSL dilaksanakan karena adanya pemilih DPT, DPTb, dan DPK yang sudah mendaftarkan diri ke KPPS dan dicatat dalam formulir C7 namun tidak mendapatkan surat suara karena kurang.

Untuk memfasilitasi pemilih yang belum menggunakan suaranya, maka digelarlah PSL.

PSU dan PSL di Bantul Bertambah Satu jadi 14 TPS, Digelar Serentak 27 April

"Prinsip yang kami ikuti adalah bagaimana menjaga dan menyelamatkan hak pilih, bagi mereka yang sudah terdaftar dalam Formulir C7 namun tidak mendapatkan surat suara karena kurang," ujarnya.

Namun demikian bagi pemegang A5 yang belum mendaftar di TPS manapun pada 17 April kemarin, maka mereka tidak bisa menggunakan hak suaranya dalam PSL nanti.

Sedangkan TPS yang direkomendasikan untuk PSL adalah TPS 07, 34, 35, 43, 65, 67, dan 116 Caturtunggal, dan TPS 10, 18, 116, dan 120 Maguwoharjo. Selain ada pula TPS 25 dan 28 Tirtomartani Kalasan.

Ikuti Rekomendasi Bawaslu, KPU Sleman Rencanakan PSL pada 26 April

Adapun Terkait dengan pelaksanaan, pihak Bawaslu Sleman menyerahkan sepenuhnya kepada KPU Sleman untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Sleman Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Indah Sri Wulandari saat ditemui secara terpisah mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat pleno dan SK tentang PSL sudah mereka sampaikan ke KPU RI melalui KPU DIY.

Rapat pleno tersebut salah satunya untuk menentukan permohonan anggaran dan logistik. Indah pun mengatakan sudah menentukan tanggal penyelenggaraan PSL.

"Insyaallah akan digelar pada 26 April nanti," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved