Pendidikan

Pelajar SMP di Kota Yogya Dibekali Wawasan Kebangsaan

Tujuan dilaksanakan acara tersebut adalah menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda.

Pelajar SMP di Kota Yogya Dibekali Wawasan Kebangsaan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji saat memberikan pemaparan terkait wawasan kebangsaan, Selasa (23/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta mengundang perwakilan siswa-siswi SMP se-Kota Yogyakarta untuk mengikuti Workshop Wawasan Kebangsaan, di Ruang Bima Kompleks Balaikota Yogyakarta, Selasa (23/4/2019).

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta, Zenni Lingga menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan acara tersebut adalah menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda.

Urutan Make Up yang Benar Bagi Pemula

Adapun yang terlibat dalan kegiatan tersebut adalah pelajar SMP yang dibagi dalam tiga angkatan dan selanjutnya akan hadir pula peserta yang berasal dari sekolah formal untuk mengikuti Wawasan Kebangsaan.

"Kegiatan ini penting dan perlu karena generasi muda kita harus kita tanamkan rasa cinta tanah air. Tujuannya agar timbul semangat dan pemahaman bela negara, persatuan dan kesatuan, serta bangga sebagai bangsa Indonesia. Rasa itu harus ada untuk bisa berbuat hal yang lebih besar lagi," bebernya.

Zenni menambahkan bahwa dirinya tidak memungkiri kondisi yang dinamis di masyarakat terkadang bisa melunturkan semangat cinta tanah air.

Mulai dari pengaruh informasi dan pola hidup yang membawa generasi muda semakin jauh dari persatuan.

"Ini usia yang sangat penting untuk kita tanamkan kembali wawasan kebangsaan sehingga mereka bangga mencintai produk kita, semangat persatuan, dan menghargai keragaman yang ada," tambahnya.

Wali Kota Yogyakarta Pantau Pelaksanaan USBN di SDN Ungaran 1 Yogyakarta

Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, yang hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut memcoba memotivasi pelajar Kota Yogyakarta untuk dapat melihat keberagaman yang ada di Indonesia, dan di Yogyakarta pada khususnya, sebagai sebuah kekuatan dan bukan sebagai perpecahan.

"Wawasan kebangsaan ini adalah cara pandang kita melihat diri sendiri, yakni Indonesia. Kita punya banyak suku dan bahasa, yang tidak dimiliki negara lain. Ini kekuatan kita," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved