Pemilu 2019

KPU Sleman Gelar Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS

KPU Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 24 April nanti.

KPU Sleman Gelar Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Komisioner Divisi Hukum KPU Sleman Ahmad Baehaqi 

TRIBUNJOGJA.COM - KPU Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 24 April nanti.

Langkah ini dilakukan setelah KPU Sleman mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman terkait adanya kesalahan administratif yang ditemukan pada saat pencoblosan Rabu (17/4/2019) lalu.

Ketua Divisi Hukum KPU Sleman, Ahmad Baehaqi saat ditemui Senin (22/4) mengatakan PSU tersebut di TPS 52 Caturtunggaldan TPS 03 Argomulyo dan akan dilakukan hanya untuk pemungutan suara calon presiden dan calon wakil presiden. Sebab pemilih eKTP luar daerah itu hanya memilih Capres dan Cawapres.

Bawaslu Bantul Bakal Somasi KPU Terkait Dugaan Intervensi Pengawas TPS

"Kalau di Mrican (caturtunggal), Bawaslu menemukan dugaan ada 22 pemilik eKTP di luar domosili menggunakannya untuk memilih tanpa proses pindah A5. Kejadian serupa juga terjadi di Argomulyo, di sana ada dugaan 2 pemilik eKTP di luar domisil ikut memilih tanpa A5. Sehingga Bawaslu merekomendasikan untuk PSU," ungkapnya.

Selain itu, Bawaslu Sleman juga merekomendasikan 9 TPS untuk pemilu lanjutan. Hal ini terkait DPTb yang sudah mendaftar di TPS saat 17 April kemarin, tapi belum terfasilitasi atau tidak bisa menggunakan suaranya karena kehabisan surat suara. Rekomendasi itu sudah diterima KPU dan akan dirapatkan dan pengkajian lebih lanjut dengan berkonsultasi dengan KPU DIY.(tribunjogja)

Penulis: Santo Ari
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved