Pemilu 2019

Dua TPS di Kulon Progo Gelar Pemungutan Suara Ulang, Jumlah Pemilih Alami Penurunan

Dua TPS di Kulon Progo Gelar Pemungutan Suara Ulang, Jumlah Pemilih Alami Penurunan

Dua TPS di Kulon Progo Gelar Pemungutan Suara Ulang, Jumlah Pemilih Alami Penurunan
Tribun JOgja/ Singgih Wahyu Nugraha
Suasana pemungutan suara ulang di TPS 31 Wates,Minggu (21/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dua tempat pemungutan suara (TPS) di Kulon Progo menjalani pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019, Minggu (21/4/2019).

Dalam pemungutan suara ulang ini, jumlah pemilih yang datang menurun cukup banyak dibanding sebelumnya.

Kedua TPS tersebut yakni TPS 2 Kemiri, Desa Margosari Kecamatan Pengasih dan TPS 31 Wonosidi Lor, Kelurahan Wates, Kecamatan Wates.

Pencoblosan ulang ini sesuai rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo yang menemukan adanya kesalahan tata cara atau prosedur dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat.

Tindaklanjuti Rekomendasi Bawaslu, KPU Sleman Akan Gelar PSU 24 April

Bawaslu Sleman Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan

 Di TPS 31, warga mengulang pencoblosan untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sedangkan di TPS 2 dilakukan pemungutan suara ulang untuk DPRD tingkat kabupaten.

Keseluruhan proses pemungutan suara ulang di kedua TPS itu berjalan lancar meski ada penurunan jumlah pemilih yang berpartisipasi.

 Pada pemungutan suara 17 April, di TPS 31 Wates terdapat 224 dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 271 orang. Namun, dalam coblosan ulang, hanya ada 190 pemilih. Demikian juga di TPS 2 Margosari, dari DPT 289 orang hanya dihadiri 241 pemilih padahal pada coblosan sebelumnya terdapat 253 pemilih.

"Penurunannya mungkin karena masyarakat banyak kegiatan. Tapi yang terpenting, hal yang jadi pelanggaran bisa diperbaiki melalui PSU ini," jelas Komisioner KPU Kulon Progo, Yayan Mulyana saat pemantauan.(tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved