Pemilu 2019

Bawaslu Kota Magelang Waspadai 'Serangan Fajar' pada TPS Pemungutan Suara Ulang

Bawaslu Kota Magelang Waspadai 'Serangan Fajar' pada TPS Pemungutan Suara Ulang

Bawaslu Kota Magelang Waspadai 'Serangan Fajar' pada TPS Pemungutan Suara Ulang
via kompas.com
Ilustrasi surat suara 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Magelang mewaspadai adanya praktek politik uang jelang pemungutan suara ulang atau serangan fajar di TPS 01 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Menurut Bawaslu, serangan fajar berpotensi terjadi pada pemungutan suara ulang tersebut. Hal ini menimbang jumlah suara di TPS yang PSU tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi jumlah perolehan suara di Kota Magelang, khususnya untuk Pemilihan Legislatif.

"Karena ini merupakan PSU, atau pemungutan terakhir, sehingga suaranya pasti akan diperhitungkan. Oknum-oknum nakal bisa memanfaatkan kesempatan ini, untuk melakukan serangan fajar, mobilisasi seperti itu ada, dan kami, dan semua pihak mesti waspada," kata Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu, Minggu (21/4/2019).

KPU Gelar PSU dan Lanjutan di 13 TPS di Bantul, Sebagian Besar Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Dua TPS di Kulon Progo Gelar Pemungutan Suara Ulang, Jumlah Pemilih Alami Penurunan

Yayuk pun meminta masyarakat untuk menyampaikan informasi, slentingan-slentingan, akan adanya potensi pelanggaran, seperti serangan fajar jelang pemilihan. Bawaslu, dikatakannya, akan siap melakukan investigasi.

Ia pun giat melakukan patroli pengawasan di TPS, khususnya di TPS yang dilakukan PSU, untuk mencegah praktek-praktek kotor untuk mendapatkan suara itu terjadi.

"Kami mengajak pengawas TPS untuk patroli. Kepada masyarakat yang mendapatkan informasi, apa saja, harus disertai bukti, foto, nama atau apapun, laporkan kepada kami. Kami punya wewenang untuk menginvestigasi dan menindak hal tersebut," katanya.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved