Pemilu 2019

Satu TPS di Magelang Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

Hal ini disebabkan oleh empat pemilih yang tak terdaftar di DPT, DPTb, tetapi dapat mencoblos di TPS tersebut dengan menggunakan KTP-el.

Satu TPS di Magelang Berpotensi Pemungutan Suara Ulang
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di TPS 1 Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, berpotensi dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Hal ini disebabkan oleh empat pemilih yang tak terdaftar di DPT, DPTb, tetapi dapat mencoblos di TPS tersebut dengan menggunakan KTP-el.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Afifuddin, membenarkan adanya empat pemilih yang tak terdaftar dalam DPT atau DPTb, memilih menggunakan KTP-el di TPS1 Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Magelang.

Mereka adalah warga luar daerah Kabupaten Magelang.

"Iya benar, ada empat pemilih yang diketahui memilih di TPS di Tempuran. Mereka ternyata tak masuk dalam DPT atau DPTb, dan hanya menggunakan KTP-el yang merupakan warga luar daerah," kata Afifuddin, Kamis (18/4/219).

Jokowi-Amin Unggul di Kota dan Kabupaten Magelang Versi Quick Count Internal

Akibatnya, pencoblosan suara di TPS tersebut berpotensi dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU.

Pihak KPU Kabupaten Magelang pun telah memanggil KPPS TPS tersebut, bersama Bawaslu Kabupaten Magelang, dan Panwascam Tempuran, melakukan klarifikasi masalah tersebut.

"Kami sudah lakukan pertemuan, untuk membahas masalah tersebut. Potensi mungkin akan dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU, tetapi kami harus melakukan rapat pleno KPU dulu untuk memutuskan hal tersebut. Kami juga perlu mendengarkan dari rekomendasi Bawaslu Kabupaten Magelang," kata Afifuddin.

Jumlah DPT di TPS 1 Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, sendiri ada sebanyak 274 orang, tanpa DPK, atau DPTb.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved