Yogyakarta

Eko Suwanto Dorong Cokelat Produk Lokal Kembangkan Potensi Pasar ke Luar Negeri

Banyak produk lokal khususnya Yogyakarta memiliki kans besar untuk memanfaatkan hadirnya bandara NYIA.

Eko Suwanto Dorong Cokelat Produk Lokal Kembangkan Potensi Pasar ke Luar Negeri
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto (berdiri) saat memaparkan potensi cokelat dalam bisnis kreatif dan UMKM kepada milenial di salah satu rumah makan di Kota Yogyakarta, Sabtu (13/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hadirnya bandara baru yang ada di Kulon Progo diharapkan menjadi pintu gerbang produk lokal untuk meraih pasar luar negeri.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY mengatakan banyak produk lokal khususnya Yogyakarta memiliki kans besar untuk memanfaatkan hadirnya bandara baru tersebut.

Satu di antaranya bisnis UMKM dan kreatif coklat yang ada di Yogyakarta.

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

"Cokelat ini sebisa mungkin menjadi gate dan oleh-oleh wisatawan yang masuk ke Yogyakarta, juga bagi pengunjung bandara baru nanti yang ada di Kulon Progo," katanya di sela acara Ayo Cintai Produk Sendiri, Nyoklat Bareng Eko Suwanto di Ingkung Grobog, Kota Yogyakarta, Sabtu (13/4/2019).

Selain itu, kata Eko, bisnis UMKM ini juga dapat menjadi solusi alternatif untuk camilan maskapai.

Eko menyebut potensi tersebut membuka ruang bagi pengusaha kreatif dan UMKM untuk berkembang bersama hadirnya bandara baru di Yogyakarta ini.

Tak hanya itu, juga menjadi celah untuk menaikkan kelas dari produk UMKM tersebut.

"Harapan kami tentu kalau seluruh maskapai mau menggunakan cokelat sebagai konsumsinya, toko di airport mau menjual, termasuk oleh-olehnya tentu ini menjadi penting, orang ke Jogja bawa cokelat mereka bisa seneng gembira bawa cokelat produk dari UMKM ini," sebutnya.

Baca: Eko Suwanto Ajak Anak Muda Cintai Produk Lokal

"Ujung dari ini semua adalah meningkatkan kesejahteraan, menekan angka kemiskinan serta mengurangi pengangguran. Ekonomi kreatif dan UMKM ini yang kita harapkan jadi pengungkit ekonomi yang ada di Yogyakarta sehingga masalah pengangguran, kesenjangan, kemiskinan bisa diselesaikan bersama-sama," tambahnya.

Kendati demikian, Eko berharap, untuk mewujudkan hal tersebut perlu sinergitas antar stakeholder sehingga hadirnya bandara baru ini benar-benar memberikan manfaat besar bagi masyarakat Yogyakarta tak hanga disegi Pariwisata saja melainkan juga bisnis UMKM dan kreatifnya.

"Peran pemerintah daerah dan swasta harus bisa saling membantu agar UMKM cokelat ini bisa berkembang dan yang penting soal kemasan, harus dibuat menarik sehingga orang itu suka dan bangga membawa cokelat produk lokal ini," tambahnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved