Kota Magelang Terima Predikat "BB" pada Penghargaan Pembangunan Daerah 2019

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan predikat "BB"

Kota Magelang Terima Predikat
Dok Humas Pemkot Magelang
Walikota Magelang Sigit Widyonindito menerima penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2019 tingkat Provinsi Jateng dengan predikat "BB", Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Tengah 2020 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Selasa (9/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan predikat "BB" atau sangat baik.

Penghargaan diberikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Jawa Tengah 2020 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Selasa (9/4/2019).

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang Joko Suparno, menerangkan penghargaan yang diinisiasi oleh Bappeda Jawa Tengah ini merupakan ajang pemberian apresiasi kepada daerah yang dianggap sukses dalam perencanaan pembangunan yang pro masyarakat.

Menurut Joko, predikat "BB" merupakan capaian membanggakan bagi Kota Magelang karena telah dinilai bagus dari segi dokumen perencanaan pembangunan di tingkat Jawa Tengah.

"Dari segi dokumen perencanaan dan capaian pembangunan kita dinilai bagus. Dalam artian bagus pertumbuhan ekonomi, PDRB per kapita, indeks pembangunan manusia (IPM), kemiskinan turun," ujar Joko, yang turut mendampingi Walikota Magelang menerima penghargaan itu.

Joko menyebutkan, dari sisi pertumbuhan ekonomi Kota Magelang selalu meningkat.

Tahun 2018 lalu tumbuh 6,107 persen, naik dari pertumbuhan tahun 2017 yang hanya 5,804.

Seiring dengan itu, kemiskinan turun dari 8,75 di tahun 2017 menjadi 7,87 di tahun 2018.

Joko mengungkapkan, predikat ini tidak lepas dari proses seleksi dan tahapan panjang.

Terakhir, Pemkot mengikuti penilaian tahap II berupa presentasi proses perencanaan di hadapan tim penilai independen Provinsi Jawa Tengah, di Kota Salatiga, Februari 2019 lalu.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved