Sleman

Ungkapkan Rasa Syukur, Petani Dusun Krandon Gelar Tradisi Wiwitan

Petani di Sleman tak hanya sekadar menanam dan menanen padi. Namun mereka juga melestarikan budaya dengan menggelar tradisi wiwitan.

Ungkapkan Rasa Syukur, Petani Dusun Krandon Gelar Tradisi Wiwitan
Tribun Jogja/ Santo Ari
Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sleman ikut acara Wiwitan di Dusun Krandon, Wedomartani Ngemplak, Sleman, Rabu (10/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Petani di Sleman tak hanya sekadar menanam dan menanen padi. Namun mereka juga melestarikan budaya dengan menggelar tradisi wiwitan.

Proses wiwitan biasanya dilakukan sebelum panen.

Saat ini sudah tidak banyak masyarakat yang masih menjaga dan melestarikan tradisi wiwitan.

Namun kelompok petani di Dusun Krandon, Wedomartani Ngemplak masih berpegang pada tradisi ini.

Para petani di dusun ini, menggelar tradisi wiwitan, Rabu (10/4/2019) sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada bumi dan Dewi Sri (dewi padi) yang telah menumbuhkan padi.

Baca: Inilah Rahasia Kulit Kencang yang Ditemukan oleh Para Ahli

Prosesi wiwitan dimulai dengan kirab ke area persawahan oleh setidaknya 50 orang petani yang berpakaian adat Jawa.

Mereka membawa ubo rampe seperti ingkung, jajan pasar dan tumpeng. Selanjutnya dilakukan pemotongan padi dan dilanjutkan menyantap ubo rampe yang dibawa secara bersama-sama.

"Uborampe itu dibawa ke sawah dan prosesi wiwit itu dimulai. Wiwit itu artinya mengawali. Jadi ini untuk mengawali panen," jelas Ketua Desa Budaya Wedomartani Mujiburahman.

Baca: Hati-hati, Infused Water Bisa Merusak Gigi

Mujib menuturkan, tradisi wiwitan memiliki substansi bentuk keseimbangan antara manusia dan alam. Dimana Tuhan menganugerahkan alam kepada manusia dan manusia memiliki tugas untuk mengelola alam dengan sebaiknya.

"Sebagai wujud syukur itu, manusia mengembalikan sebagian dalam bentuk tasyakuran. Ya wiwitan itu lah salah satu wujud bersyukur," imbuhnya.(tribunjogja)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved