Pemilu 2019

Ini Faktor DIY Tempati Urutan Kedua Indeks Kerawanan Pemilu 2019

Berdasarkan survei dari Bawaslu RI, DIY menempati urutan kedua Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), yakni di bawah Papua dengan skor 52,67.

Ini Faktor DIY Tempati Urutan Kedua Indeks Kerawanan Pemilu 2019
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Kotak suara untuk Pemilu 2019 saat digunakan dalam simulasi beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJA.COM

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu DIY Amir Nasiruddin menyebutkan ada dua faktor yang menyebabkan DIY menempati urutan kedua IKP tertinggi.

Pertama terkait dimensi kontestasi dengan sub dimensi kampanye. Kedua terkait penyelenggara dengan sub dimensi hak pilih.

"Dari data nasional, ada 15 provinsi yang menempati IKP tinggi. Pertama Papua 55,08, sedangkan 14 lainnya sedang. Tapi kalau kita rangking skor DIY masuk kedua dengan skor 52,67. Dua sub dimensi kampanye dan hak pilih itulah yang memberikan skor tertinggi," ungkapnya.

Baca: Hari Terakhir Pengajuan Pindah TPS, KPU Kota Yogyakarta Dipadati Warga

Amir menjelaskan untuk sub dimensi kampanye, di setiap kampanye hampir selalu ada konflik, apalagi saat rapat umum terbuka. Baik antar peserta dengan peserta maupun peserta dengan warga.

Untuk sub dimensi hak pilih, khususnya terkait DPTb dirasa akan menimbulkan potensi gangguan dalam penyelenggaraan pemilu.

Dia menyampaikan jika sampai saat ini pihaknya masih didatangi oleh calon pemilih yang melaporkan bahwa dia tidak bisa mengurus A5.

Para pelapor sebenarnya masih belum memahami mengenai putusan MK terkait perpanjangan pengurusan A5, yang mana yang berhak mengurus A5 ada 4 macam kondisi, pertama sedang jadi tahanan, di Rumah Sakit, Bencana maupun sedang menjalankan tugas.

"Sampai hari ini masih berdatangan dari 2-3 hari terakhir. Beberapa masyarakat memahami putusan MK h-7 termasuk mereka. Ada mahasiswa menafsirkan bahwa kuliah itu dikira sedang dalam tugas. Padahal untuk mereka sudah ditutup sejak 17 Maret lalu," terangnya.(tribunjogja)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved