Yogyakarta International Airport

Alasan Nama Bandara Baru Yogyakarta Diubah dari NYIA menjadi YIA

sebelumnya direncanakan bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA), bakal diganti menjadi Yogyakarta International Airport (YIA).

Nama bandara baru di Kulonprogo yang sebelumnya direncanakan bernama New Yogyakarta International Airport (NYIA), bakal diganti menjadi Yogyakarta International Airport (YIA).

Hal itu berdasarkan saran yang diberikan oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X.Pergantian nama tersebut saat ini masih dalam proses pengajuan di Kementerian Perhubungan dan akan segera diterbitkan surat keputusannya.

General Manager PT Angkasa Pura I (persero) Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, menyampaikan jika pihaknya sudah mendapatkan kabar secara lisan, bahwa pergantian nama NYIA menjadi YIA sudah setujui, dan saat ini tinggal menunggu surat keputusan secara resmi

"Keputusan harusnya minggu ini, tapi kemarin masih menunggu rekomendasi. Sebenarnya sudah jadi, tapi kan hari Jumat, paling minggu depan sudah keluar," ungkapnya.

Pandu mengatakan jika dari Ngarso Dalem sudah bersurat kepada Kementerian Perhubungan untuk bisa merevisi surat terdahulu.

Nama YIA sendiri diambil atas rekomendasi dari Sultan, Ketua DPRD DIY serta Bupati Kulonprogo.

Sebelumnya juga telah banyak usulan dari UGM, ahli bahasa bahwa nama New sendiri tidak bisa digunakan selamanya.

Selain itu, ketika nama new sendiri ditulis dalam tulisan huruf Jawa maka akan sulit

Namun, ketika menggunakan nama kota atau daerah seperti Yogyakarta International Airport bisa digunakan selamanya.

"Pergantian nama ada usulan dari teman-teman UGM, dari ahli bahasa bahwa kalau new tidak bisa digunakan selamanya, kalau langsung nama kota, nama daerah bisa digunakan selamanya. Disamping itu, kalau huruf new itu tidak bisa ditulis dengan bahasa Jawa kata ahli bahasa Jawa," ungkapnya.

Halaman
1234
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved