Pendidikan

UGM Raih Peringkat 50 Besar Dunia untuk Kategori SDGs Decent Work and Economic Growth

Untuk standar yang dipakai THE dalam merilis University Impact Ranking berbasis pada 11 dari 17 indikator SDGs oleh Persatuan Bangsa-bangsa (PBB).

UGM Raih Peringkat 50 Besar Dunia untuk Kategori SDGs Decent Work and Economic Growth
dok.humas UGM
Gedung rektorat UGM 

TRIBUNJOGJA.COM - Prestasi gemilang kembali diraih Universitas Gadjah Mada (UGM) di tingkat Internasional.

Kali ini, UGM masuk dalam daftar University Impact Ranking 2019 yang dirilis pada Kamis (4/4) oleh Times Higher Education (THE), majalah mingguan asal London yang melaporkan berita dan isu terkait pendidikan tinggi dunia.

Untuk standar yang dipakai THE dalam merilis University Impact Ranking berbasis pada 11 dari 17 indikator SDGs oleh Persatuan Bangsa-bangsa (PBB).

Dalam daftar tersebut, UGM masuk peringkat 50 besar dunia untuk indikator SDGs Decent Work and Economic Growth.

Baca: 8 Langkah Mudah Quick and Fresh Make Up Look dari Emina Cosmetics

UGM juga masuk peringkat 70 besar untuk indikator SDGs Gender Equality.

Lalu untuk keseluruhan indikator, UGM mendapati peringkat antara 101-200.

Hal itu sama seperti raihan Universitas Diponegoro.

Hatma Suryatmojo, Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM, menyampaikan jika perolehan yang dicapai oleh UGM tersebut merupakan gambaran utuh dari performa UGM sepanjang tahun 2018.

Baca: Sosiolog UGM : Instruksi Gubernur Langkah Sudah Baik, tapi Seharusnya Bisa Diselesaikan di Kabupaten

Hatma menerangkan jika survei yang dilakukan THE ini berbeda dengan survei dari lembaga lainnya, yang mana lembaga lain hanya menilai dari sebanyak apa kerja yang universitas lakukan dalam setahun maka THE menilai dampak dari kerja tersebut.

"Survei THE ini dilakukan secara acak, tidak seperti survei lainnya. THE melakukan survei dengan melihat siapa saja yang ada kaitannya dengan UGM, baik langsung maupun tidak langsung. Hal itu berarti, sampel yang diambil tidak hanya dari sivitas akademika yang aktif, melainkan dari mitra dan alumni yang berdampak pula," ungkapnya.

Dia menyampaikan jika pengakuan dunia penting bagi sebuah universitas, karena dengan adanya pengakuan tersebut, universitas akan lebih tampak eksistensinya di mata dunia.

"Jika mendapat peringkat yang baik maka akan banyak mendatangkan mitra strategis untuk semakin meningkatkan kualitas universitas,” ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved