Peserta Lomba Lari Malioboro KulineRun 2019 Dapat Suguhan Makanan Khas Yogyakarta

Peserta Malioboro KulineRun 2019 juga disuguhkan beragam makanan dan kuliner khas Yogyakarta

Peserta Lomba Lari Malioboro KulineRun 2019 Dapat Suguhan Makanan Khas Yogyakarta
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Kemeriahan Malioboro KulineRun 2019 di kawasan Hotel Hotel Grand Inna Maliboro, Yogyakarta, Minggu (7/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gelaran Malioboro KulineRun 2019 berlangsung meriah dan diikuti oleh 1500 pelari, Minggu (7/4/2019).

Tak hanya disuguhkan dengan pemandangan Kota Yogyakarta, para peserta Malioboro KulineRun 2019 yang digelar di halaman hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta ini juga disuguhkan beragam kuliner khas Yogyakarta.

Kuliner khas dimaksud ialah jajanan pasar yang bisa dibilang sudah jarang ditemui lantaran hanya ada di pasar tradisional atau saat momen-momen tertentu saja.

Salah satu jajan pasar yang disuguhkan dan sudah jarang dijumpai saat ini salah satunya yakni kue clorot.

Kue tradisional yang berbahan tepung beras dengan santan yang dibungkus dengan lipatan janur atau daun kelapa muda berbentuk kerucut.

Ada juga camilan gatot yang terbuat dari singkong bertekstur kenyal.

Ada juga tiwul yakni kuliner yang menggunakan bahan baku singkong. Kendati demikian makanan kekinian maupun kuliner umum juga tersedia dalam acara tersebut.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Iswandi Said, mengatakan pihaknya memang mengundang secara khusus pedagang jajanan lawas di desa-desa di Yogyakarta untuk meramaikan dan berjualan dalam acara ini. Pihaknya juga menggratiskan biaya tenant untuk UMKM dalam acara tersebut.

"Setiap peserta lari nantinya akan mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan dengan kuliner pilihannya," kata Iswandi.

Usai semua peserta berlari, para peserta dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Yogyakarta yang disediakan di stand halaman hotel Inna Garuda hingga pinggir jalan Malioboro.

Acara ini digelar, kata dia, untuk mendongkrak program pariwisata dengan mengangkat kearifan Iokal dalam bentuk sajian kuliner dan budaya Yogyakarta.

Ada sebanyak 1500 peserta yang memeriahkan event tersebut. Peserta mengikuti beberapa nomor ketegori lari yang telah ditentukan. Ialah 2,5K, 5K dan 10K.

Adapun rute yang dilalui yakni disekitaran sepanjang jalan Malioboro, Kota Yogyakarta dengan titik start dan finish di halaman hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta.

Dalam Malioboro KulineRUN 2019 ini, panitia juga telah menyediakan beragam hadiah mulai dari uang tunai senilai Rp50 juta dan berbagai hadiah hiburan. Tak hanya mendapatkan voucher kuliner, para peserta lari juga mendapat jersey, medali, e-sertifikat, dan BIB number chip.

"Rencananya, tak hanya di Yogyakarta, kegiatan semacam ini juga bakal kita gelar seperti di Medan, Padang, Surabaya, dan Bali," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved