Pemilu 2019

Bawaslu DIY : Pelaksanaan Kampanye Terbuka di DIY Berlangsung Kondusif

Bawaslu DIY : Pelaksanaan Kampanye Terbuka di DIY Berlangsung Kondusif

Bawaslu DIY : Pelaksanaan Kampanye Terbuka di DIY Berlangsung Kondusif
Tribun Jogja/ Agung Ismianto
Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono 

TRIBUNJOGJA.COM - Dua minggu pelaksanaan rapat umum terbuka, yang dimulai sejak 24 Maret 2019 lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) belum mendapatkan laporan adanya konflik yang signifikan di wilayah DIY.

Bagus Sarwono, Ketua Bawaslu DIY menjelaskan sejak masa kampanye terbuka mulai digelar sampai dengan saat ini, pelaksanaan rapat umum terbuka relatif kondusif.

Meskipun dia melihat masih adanya hal-hal yang menyebabkan adanya konflik, seperti adanya knalpot blombongan, arak-arakan atau saat melewati basis wilayah pendukung lain, namun dari pihak kepolisian sudah lebih awal melakukan razia.

Baca: Surat Suara Rusak, KPU DIY masih Tunggu Kiriman KPU RI

"Konflik saat kampanye terbuka, kami melihat belum ada, masih relatif kondusif. Meskipun kami melihat masih ada upaya kesana, seperti memakai knalpot blombongan, tapi polisi alhamdulillah cukup tegas, dirazia dan tidak sampai membesar," ungkapnya.

Dia menjelaskan jika komitmen dari berbagai pihak, baik dari peserta pemilu, penyelenggara maupun dari pihak kepolisian yang membuat rapat umum terbuka ini cenderung kondusif.

"Ya karena berbagai hal, komitmen dari peserta itu sendiri, juga dari Polda, kita juga senantiasa mengamankan dan meminta para peserta pemilu untuk kampanye secara damai," terangnya.

Baca: SDN Tahunan Tumbuhkan Karakter Lingkungan Hidup pada Siswa Lewat Pagelaran Wayang Kancil

Terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), Bagus menjelaskan pihaknya akan melakukan rilis saat masa tenang nanti. Untuk di DIY sendiri, pihaknya sudah memberikan data ke Bawaslu RI, dan saat ini masih dalam proses analisis.

Selain itu, nanti rencananya pada tanggal 10 April 2019 mendatang, pihaknya akan melakukan rilis mengenai TPS rawan yang ada di DIY.(tribunjogja)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved