Pendidikan

Hadapi Era Industri 4.0, UMY Tingkatkan Program Internasional

Era revolusi Industri 4.0 di dunia internasional berubah secara politik, ekonomi, sosial dan tentu dalam teknologi digital.

Hadapi Era Industri 4.0, UMY Tingkatkan Program Internasional
internet
UMY 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Era revolusi Industri 4.0 di dunia internasional berubah secara politik, ekonomi, sosial dan tentu dalam teknologi digital.

Oleh karenanya, hubungan internasional suatu negara menjadi hal yang penting, agar dapat bertahan dan memperoleh kesejahteraan.

Begitu pula dengan Indonesia, yang juga dirasa masih perlu memperkuat hubungan internasionalnya, salah satunya melalui sektor penelitian dan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Purwanto Subroto Ph.D Kasubdit Kerjasama Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi DITJEN Kelembagaan IPTEK DIKTI, dalam acara Workshop International Curriculums, International Accreditation & Launching Double Degree Programs, Magister Ilmu Pemerintahan Program Pascasarjana UMY, Jumat (5/4/2019).

Baca: PT Pemodalan Nasional Madani Kembali Buka Lowongan Kerja Account Officer Di Seluruh Indonesia

Purwanto menyampaikan, dunia menjadi semakin dekat dengan kemajuan teknologi, seakan negara-negara seperti komunitas yang hidup berdekatan.

Maka dari itu hubungan internasional memiliki peran penting untuk bisa menghadapi tantangan global.

Negara-negara bekerjasama dalam suatu perjanjian hubungan internasional untuk menghadapinya.

"Pendidikan memiliki kekuatan yang besar untuk memperkuat hubungan internasional Indonesia contohnya dengan melakukan kerjasama antar universitas seperti, student exchange, summer school, international seminar, beasiswa internasional, joint degree, double degree. Ini merupakan aspek penting dalam meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com

Lanjutnya, hal tersebut juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia.

Baca: Rumah Zakat Beri Bantuan Usaha Kelompok Ternak Amanah Di Desa Tirtomulyo

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved