Tol Bawen Yogyakarta

Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Penetapan Lokasi Segera Dimulai, Disusul Appraisal dan Pembebasan Lahan

Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Penetapan Lokasi Segera Dimulai, Disusul Appraisal dan Pembebasan Lahan, tender tahun ini.

Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Penetapan Lokasi Segera Dimulai, Disusul Appraisal dan Pembebasan Lahan
Kolase foto skyscrapercity.com dan instagram.com/kemenpupr
Ilustrasi rencana jaringan jalan bebas hambatan Yogyakarta Jawa Tengah (kiri) dan Jalan Tol Trans Jawa yang sudah beroperasi (kanan). 

Proyek Tol Bawen-Yogyakarta, Penetapan Lokasi Segera Dimulai, Disusul Appraisal dan Pembebasan Lahan

TRIBUNJOGJA.COM - Proyek Tol Bawen-Yogyakarta sampai tahap penetapan lokasi atau trase jalan pada 2019 ini. Tahapan selanjutnya jika sudah selesai penetapan lokasi Tol Bawen-Yogyakarta, yaitu appraisal masuk dan akan disusul pembebasan lahan. 

Informasi terkini perkembangan tahapan Tol Bawen-Yogyakarta yang diterima Tribun Jogja tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Kamis (4/4/2019) saat ditemui di Untidar Magelang.

Selain dimulainya penetapan lokasi hingga pembebasan lahan, tender pun juga dijadwalkan selesai tahun ini. Harapannya, pembangunan jalan Tol Bawen-Yogyakarta akan segera dimulai. 

"Jalan Tol Bawen Yogyakarta lagi mau penetapan lokasi atau penlok atau trasenya. Sudah kita usulkan ke gubernur, untuk bisa ditentukan penloknya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Kamis (4/4/2019) saat ditemui di Untidar Magelang.

Lanjut Basuki, setelah penetapan lokasi selesai, apraisal akan langsung dilaksanakan, berikut pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol.

Tender masih belum dijadwalkan, tetapi tahun ini direncanakan dapat dilaksanakan.

"Kalau sudah penloknya, baru aprasial masuk. Apraisal masuk baru pembebasan lahan. Ini mau tender tetapi belum ada jadwal, Mudah-mudahan tender tahun ini," katanya.

Jalan Tol Solo-Ngawi yang sudah resmi beroperasi. Akhir tahun 2018 pemerintah menargetkan jalur tol Trans-Jawa sudah terhubung dari Merak di Banten hingga Surabaya Jawa Timur
Jalan Tol Solo-Ngawi yang sudah resmi beroperasi. Akhir tahun 2018 pemerintah menargetkan jalur tol Trans-Jawa sudah terhubung dari Merak di Banten hingga Surabaya Jawa Timur (IST)

Selain Tol Bawen Yogyakarta, rencana pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta juga terus dilanjutkan.

Basuki juga telah berkomunikasi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, terkait rencana ini dan Sultan sudah menyetujuinya.

"Jogja-Solo Pak Sultan sudah oke sudah mau dan ada pemrakarsanya Tahun ini mudah-mudahan bisa dimulai. Yang sudah tender itu Semarang Demak. Mudahan Juni bisa dimulai," ujar Basuki. (rfk)

Ajukan PPJT

Halaman
1234
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved