Pemerintah AS Hentikan Percobaan Kontroversial yang Sebabkan Kematian Ribuan Kucing Selama 37 Tahun

Praktik kanibalisme itu terjadi pada 100 kucing dari China dan termasuk pula 400 anjing dari Amerika Tengah

Pemerintah AS Hentikan Percobaan Kontroversial yang Sebabkan Kematian Ribuan Kucing Selama 37 Tahun
via Daily Mail
Pembela hewan di AS dalam sebuah acara di Rayburn Building, meminta dihentikannya pengujian ilmiah terhadap kucing pada 7 Juni 2018. 

TRIBUNJOGJA.COM - Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menghentikan percobaan kontroversial yang telah mengakibatkan kematian ribuan kucing selama lebih dari 37 tahun.

Kucing-kucing itu diinfeksi dengan toksoplasma kemudian dieutanasia, sebagai bagian dari upaya pemberantasan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Percobaan kontroversial itu telah dilakukan USDA sejak 1982.

Antara tahun 2003 hingga 2015, diyakini telah terjadi percobaan kanibalisme di mana daging ratusan kucing yang dibeli dari Asia, diberikan sebagai makanan kepada kucing sehat.

TribunJogja.com melansir dari Daily Mail, praktik kanibalisme itu terjadi pada 100 kucing dari China dan termasuk pula 400 anjing dari Amerika Tengah.

Namun, percobaan itu kini telah dihentikan menyusul laporan NBC News, yang mengungkapkan praktik kanibalisme hewan kaki empat di laporatorium ARS di Maryland

"Penelitian toksoplasmosis telah dialihkan dan penggunaan kucing sebagai bagian dari protokol penelitian di laboratorium ARS telah dihentikan dan tidak akan dipulihkan," kata USDA dalam sebuah pernyataan.

USDA menggunakan kucing dalam penelitian tersebut karena merupakan satu-satunya hewan inang, yang menghasilkan telur parasit yang menyebabkan toksoplasmosis.

USDA tidak membahas soal kanibalisme kucing dalam pernyataannya.

Mereka hanya mengatakan bahwa penelitian tentang toksoplasmosis telah mencapai akhirnya dan memenuhi fungsi utamanya.

Halaman
12
Penulis: say
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved