Seorang Pria Terancam Dilarang Menggauli Istrinya Selama 20 Tahun

Sebuah pengadilan di London, Inggris, sedang mempertimbangkan untuk melarang seorang pria dari melakukan hubungan intim dengan istrinya

Seorang Pria Terancam Dilarang Menggauli Istrinya Selama 20 Tahun
djurnal.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.com - Sebuah pengadilan di London, Inggris, sedang mempertimbangkan untuk melarang seorang pria dari melakukan hubungan intim dengan istrinya selama 20 tahun karena sang istri mengalami keterbatasan mental.

Menurut badan layanan sosial yang bertanggung jawab dalam perawatan sang istri, ada bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan mental perempuan itu telah memburuk hingga ke titik di mana dia tidak lagi mempunyai kemampuan untuk memutuskan apakah dia ingin berhubungan intim atau tidak.

Badan layanan itu pun meminta kepada hakim Pengadilan Perlindungan London untuk mempertimbangkan mengeluarkan perintah yang melarang pria itu dari berhubungan intim dengan sang istri demi memastikan perempuan itu tidak diperkosa.

Fenomena Alat Vital Terkunci Saat Berhubungan Intim, Sudut Pandang Medis yang Perlu Kamu Tahu

Pengadilan Perlindungan adalah pengadilan yang secara khusus menangani kasus yang melibatkan orang-orang dengan keterbatasan kapasitas mental untuk membuat keputusan.

Dilansir Daily Mail, dalam sidang pendahuluan, Hakim Hayden dari Pengadilan Perlindungan, diberi tahu bahwa pria itu, atau sang suami telah menawarkan diri untuk tidak melakukan hubungan intim dengan istrinya. Namun hakim menegaskan bahwa dirinya ingin terlebih dulu mendengarkan argumen dari pengacara yang mewakili sang istri, suami, serta dari dewan, sebelum akhirnya dia dapat mengambil keputusan untuk kasus tersebut.

Ajal Menjemput Wanita Paruh Baya Ini Seusai Berhubungan Intim di Tengah Sawah

Hakim menyarankan kepada sang pria bahwa dirinya kemungkinan akan ditempatkan dalam situasi di mana dia bisa menghadapi ancaman penjara jika melanggar perintah untuk tidak berhubungan intim yang sang istri.

Hakim juga menyebutkan bahwa perintah larangan itu akan sulit untuk ditegakkan oleh polisi.

"Saya tidak dapat memikirkan hak asasi manusia yang lebih mendasar daripada hak seorang pria untuk berhubungan intim dengan istrinya. Saya pikir dia berhak untuk mendebatkannya secara benar," kata Hakim Hayden dari Pengadilan Perlindungan London, dikutip Sky News, Senin (1/4/2019).

Kecanduan Berhubungan Intim Apakah Termasuk Kelainan? Ini Penjelasannya

Sidang mendengar pendapat semua pihak akan dilangsungkan dalam waktu dekat. Terlepas dari pernyataan hakim, kemampuan seorang pria untuk berhubungan intim dengan istrinya tanpa persetujuan secara eksplisit telah dilarang sejak 1991 dan dapat dihukum oleh pengadilan seperti halnya tindak pemerkosaan.

Tidak dijelaskan secara rinci kondisi kesehatan yang dialami sang istri maupun penyebab adanya keterbatasan mental tersebut. Hakim Hayden juga menegaskan bahwa identitas pasangan suami istri itu tidak dapat diungkapkan dalam laporan media terkait kasus ini.

====

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Pria Terancam Dilarang Berhubungan Intim dengan Istrinya selama 20 Tahun",

Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved