Pendidikan

Prodi Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM Gelar Kuliah Umum Manajemen Perhotelan

Pesan tersebut adalah budaya pelayanan atau disebut juga service culture, merupakan salah satu pondasi dasar dalam industri perhotelan.

Prodi Bahasa Inggris Sekolah Vokasi UGM Gelar Kuliah Umum Manajemen Perhotelan
Istimewa
Program Studi Diploma (D3) Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, UGM, menggelar kuliah umum manajemen perhotelan di Hall Gedung Perpustakaan Sekolah Vokasi UGM. 

TRIBUNJOGJA.CO, YOGYA - Program Studi Diploma (D3) Bahasa Inggris, Sekolah Vokasi, UGM, menggelar kuliah umum dengan tajuk “General Lecturer of Hotel Management Introducing Lynn Hotel by Horison and Ceria Hotel: Beautiful Hotel with Family Concept” di Hall Gedung Perpustakaan Sekolah Vokasi UGM.

Kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa D3 Bahasa Inggris angkatan 2017 ini merupakan bagian dari mata kuliah Manajemen Perhotelan.

Pahamnya mahasiswa mengenai budaya pelayanan yang ada di industri perhotelan merupakan tujuan dari kuliah umum ini.

Baca: Prodi D3 Bahasa Inggris DBSMB Gelar Kuliah Umum Manajemen Perhotelan

Kegiatan ini dihadiri oleh dua pembicara utama yakni Firdha Lail Agusta, GM dari Ceria Hotel dan Bambang Kusno Hadi, GM dari Lynn Hotel by Horison yang juga turut serta membawa tim dari manajemen Lynn Hotel.

Kegiatan diawali pada pukul 13.30 WIB, Firdha menceritakan pengalamannya terjun di dunia industri perhotelan. Alumnus D3 Bahasa Inggris Sekolah Vokasi inj menceritakan bagaimana memulai karir sebagai Cleaning Service hingga menjadi seorang GM untuk Ceria Hotel.

“Kami menekankan tiga hal yaitu tekad, nekad, dan niat untuk bertahan di industri ini,” ujarnya.

Baca: Daya Tarik Kota Yogyakarta Masih Menjadi Magnet Industri Perhotelan

Kemudian ada pemaparan materi oleh Bambang Kusno Hadi beserta timnya yang dibagi menjadi tiga sesi.

Tiga sesi tersebut adalah pemaparan company profile oleh Eka Subandriya, pemaparan Budaya Pelayanan Horison oleh Adi Indra Saputra, dan pemaparan tentang fasilitas Lynn Hotel oleh Eva Tiantari.

“Budaya Pelayanan Horison adalah budaya pelayanan dalam industri perhotelan yang diterapkan di Lynn Hotel yang disebut dengan 6K; yaitu Keramahan, Kesungguhan, Kehangatan, Kepedulian, Kecepatan, dan Ketulusan,” kata Bambang Kusno Hadi.

Baca: TKA di Kota Yogya Berada di Sektor Perhotelan dan Pendidikan

Pada sesi ini, Bambang Kusno Hadi mengajak para mahasiswa untuk menghafal Budaya Pelayanan tersebut dan memberikan hadiah kepada mahasiswa yang dapat menyebutkannya dengan benar.

Fauziah Arsyifah merupakan salah satu dari tiga mahasiswa yang berhasil menjawab dengan benar sehingga dia memenangkan hadiah utama yakni menginap gratis selama satu malam di Lynn Hotel.

Bambang Kusno Hadi menyampaikan sebuah pada pesan sebelum acara selesai.

Pesan tersebut adalah budaya pelayanan atau disebut juga service culture, merupakan salah satu pondasi dasar dalam industri perhotelan.

"Ada tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang pekerja di industri perhotelan yaitu attitude (sikap), skill (kemampuan), dan knowledge (pengetahuan)," sebutnya.

Acara berakhir pada pukul 15.30 WIB dengan agenda terakhir yakni penyerahan sertifikat dan cinderamata untuk para pembicara dan foto bersama.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: vim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved