Satelit Nusantara Satu Mengorbit di Atas Papua, 25 Ribu Desa Terhubung Internet

Satelit Nusantara Satu milik PSN berhasil mengorbit di atas Papua, 7 Maret 2019 lalu. Diperkirakan 25.000 desa dapat terhubung ke internet pada 2020

Satelit Nusantara Satu Mengorbit di Atas Papua, 25 Ribu Desa Terhubung Internet
IST
Roket Falcon 9 milik SpaceX yang membawa satelit Nusantara Satu 

TRIBUNJOGJA.COM - Satelit Nusantara Satu milik PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan telekomunikasi berbasis satelit swasta, berhasil mengorbit di atas Papua per 7 Maret 2019 lalu.

Satelit Nusantara satu telah melalui serangkaian tes yang menyatakan satelit tersebut dalam kondisi sehat atau seluruh spesifikasi teknis terpenuhi sesuai dengan rancangan dan harapan.

Meski terletak di atas Papua, jaringannya bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Satelit ini diluncurkan 22 Februari 2019 pukul 8.45 WIB dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso mengatakan, setelah dinyatakan lulus tes, satelit ini siap memberikan akses internet yang merata ke seluruh Indonesia, utamanya daerah yang belum terjangkau jaringan 4G.

"Hal ini sejalan dengan komitmen dan konsistensi PSN untuk terus mendorong penggunaan satelit agar mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia,” kata Adi dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2019).

Jalani Tes

Serangkaian tes tersebut dilakukan oleh Nusantara Satu sehari setelah orbit atau pada 8 Maret 2019.

Satelit Nusantara Satu yang dibawa roket Falcon 9 milik SpaceX
Satelit Nusantara Satu yang dibawa roket Falcon 9 milik SpaceX ()

Tes di orbit atau In Orbit Test (IOT) dijalankan di Cikarang melakukan Payload/Transponder IOT, sementara itu dilakukan Bus IOT di Mission Control Center (MCC) Palo Alto dari SSL.

Selain itu, tim PSN juga melakukan verifikasi dari Satellite Control Facility (SCF) di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Untuk pengendalian satelit Nusantara Satu, sejak meluncur hingga sampai ke orbit, masih dikendalikan oleh MCC Palo Alto milik SSL.

Namun, tetap di bawah pengawasan SCF Jatiluhur. Setelah serangkaian tes pada satelit berjalan lancar dan proses administrasi diselesaikan, SSL pun akan menyerahkan kepada PSN selambat-lambatnya pada 1 April ini.

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved