Kota Magelang

Melihat Keseruan Saat Pelajar Australia Bikin Gethuk Asli Kota Magelang

Melihat Keseruan Saat Pelajar Australia Bikin Gethuk Asli Kota Magelang

Melihat Keseruan Saat Pelajar Australia Bikin Gethuk Asli Kota Magelang
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Sebanyak 15 siswa dari Pittsworth State High School, Queensland Australia, tampak antusias membuat Gethuk di SMA Negeri 1 Magelang, Selasa (2/4). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Bagaimana jika para pelajar SMP dan SMA dari Australia membuat Gethuk, makanan tradisional yang terbuat dari ketela yang berasal dari Kota Magelang, pasti benar-benar seru.

Mereka ternyata tak hanya mahir memasak Gethuk, karya buatan para siswa dari negeri seberang laut tak kalah enak dengan buatan asli Kota Sejuta Bunga.

Seperti yang dilakukan oleh 15 siswa dari Pittsworth State High School, Queensland Australia, Selasa (2/4/2019).

Mereka tengah melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Magelang, untuk menjalin silaturahmi, sekaligus mengenal dan mempelajari budaya asli Indonesia, khususnya dari Kota Magelang.

Baca: Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Ketumbar Jangan Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Dalam kunjungan selama dua hari ini, dimulai Selasa (2/4/2019) dan berakhir Rabu (3/4/2019) besok, mereka akan mengikuti berbagai kegiatan budaya.

Seperti yang dilakukan hari ini, Selasa (2/4/2019), pertama kali mereka datang disambut dengan Tarian Gambyong, tari asal Jawa yang dipentaskan untuk menyambut tamu.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan membuat Gethuk. Mereka terlihat sangat antusias saat praktik membuat getuk.

Mulai dari menghaluskan singkong, kemudian memberi bumbu termasuk garam, gula hingga pewarna. Singkong yang telah dihaluskan terus terakhir dibentuk menjadi getuk.

Baca: Lima Karya Inovasi Wakili Kota Magelang di Tingkat Provinsi

Mereka pun dibantu oleh sejumlah siswa SMA Negeri 1 Magelang untuk membuat Gethuk.

Keceriaan pun menyelimuti kegiatan membuat Gethuk tersebut. Seperti yang juga dirasakan oleh Chloe Jasmine (16), salah satu siswi Pittsworth State High School, Queensland Australia, yang sangat antusias membuat gethuk.

“Saat membut seru, terus bikin senang. Mulai dari pertama menghaluskan, dikasih gula, pewarna dan garam,” ujar Chloe, saat ditemui di sela-sela praktik membuat getuk di Aula SMAN 1 Kota Magelang, Selasa (2/4/2019).

Baca: Dua Pekan Jelang Coblosan, 1.106 Orang Pindah Memilih Ke Kota Magelang, 797 Ke Luar Daerah

Chloe yang saat ini duduk di kelas XI, bahkan sempat mencicipi getuk yang disajikan saat tadi pagi. Menurutnya, meski bertekstur agak aneh, rasanya sangat enak dan manis. “Teksturnya agak aneh, tetapi enak. Saya ketagihan dan mencoba tiga potong,” tuturnya.

Cody (14), siswa Junior High School Pittsworth State High School, Queensland Australia, mulanya berpikir akan susah membuat makanan asli Kota Magelang tersebut, tetapi setelah dipraktikan ternyata tidak susah.

"Yang penting bahannya (ketela) harus ditumbuk halus, kemudian gula, garam,dicampurkan untuk menambah rasa. Makanan ini sangat unik, di tempat kita di Australia tak ada yang seperti ini," kata Cody.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved