Pilpres 2019

4 April Sandiaga Uno Kampanye Terbuka di Wonosari dan 8 April Prabowo Kampanye Terbuka di Kridosono

4 April Sandiaga Uno Kampanye Terbuka di Wonosari dan 8 April Prabowo Kampanye Terbuka di Kridosono

4 April Sandiaga Uno Kampanye Terbuka di Wonosari dan 8 April Prabowo Kampanye Terbuka di Kridosono
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
Calon Presiden no urut 02, Prabowo Subianto memberikan pidato diahadapan pendukungnya saat acara Prabowo Menyapa Daerah Istimewa Yogyakarta di Sasono Hinggil Dwi Abad, kota Yogyakarta, Rabu (28/11/2018). Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan deklarasi dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandi dari sejumlah elemen. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) DIY Prabowo - Sandi, Dharma Setiawan juga mengamini kultur kampanye dan rapat umum pada Pemilu 2019 ini cenderung ‘sepi’ aktifitas yang banyak melibatkan massa. Penyebabnya, karena sistem Pemilu kai ini yang dibuat serentak.

“Kami dari pihak partai menjalankan dua pemilu untuk memilih tingkat legislatif dan presiden-wakil presiden secara bersamaan. Otomatis pekerjaan juga ada dua, untuk menang Pileg dan Pilpres. Tenaga kita juga akhirnya harus dibagi menjadi dua. Fokus dan konsentrasi kami juga harus dibagi dua,” kata Dharma.

Pandangan Dharma, dari lingkup Parpol yang mengusungnya yaitu Gerindra dan beberapa parpol koalisi lainnya, ada kecenderungan untuk mementingkan partai dan keterpilihan caleg masing-masing.

Baca: Amplop Sebanyak 400 Ribu Berisi Pecahan Rp 20 Ribu dan Rp 50 Ribu Itu Ada Cap Jempolnya

Baca: Bantul Masih Kurang 5000 Surat Suara

Baca: Sudah Berjalan 9 Hari, DIY Masih Sepi Kampanye Terbuka, Ini Komentar KPU

Dalam tingkat caleg ini, rapat umum dan kampanye terbuka tidak akan efektif untuk upaya pemenangan.

Justru metode kampanye berupa datang ke desa atau wilayah yang menjadi daerah pemilihan menjadi lebih efektif.

Baik melalui sosialisasi atau pertemuan dengan hanya melibatkan 100-200 warga. Saat kampanye seperti ini, mustahil ada aktifitas iring-iringan kendaraan atau pergerakan massa dengan jumlah sangat banyak.

Tenaga dan pergerakan massa yang lebih besar dan masif dari BPN Prabowo - Sandi DIY menurut Dharma akan dimaksimalkan saat kampanye terbuka Presiden dan Wakil Presiden.

Sejauh ini, agenda Prabowo datang berkampanye di Kota Yogyakarta (Kridosono) adalah 8 April sedangkan Sandiaga Uno di Wonosari, 4 April.(tribunjogja)

Penulis: sus
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved