Kota Yogyakarta

Pelipatan Suara Telah Selesai, Terdapat 2.529 Surat Suara Rusak di Dapil Kota Yogyakarta

Kondisi ini lebih cepat dari target awal KPU Kota Yogyakarta yang menargetkan sortir dan pelipatan 1.266.636 surat suara untuk empat jenis surat suara

Pelipatan Suara Telah Selesai, Terdapat 2.529 Surat Suara Rusak di Dapil Kota Yogyakarta
Tribun Jogja/ Hasan Sakri
Petugas pelipat surat suara menyortir surat suara DPRD DIY Pemilu 2019 sebelum dilipat di gudang KPU Kota Yogyakarta, Senin (25/3/2019). KPU Kota Yogyakarta menargetkan proses pelipatan untuk empat macam surat suara dapat selesai dalam waktu 10 hari dengan mengerahkan 210 petugas. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses sortir dan pelipatan surat suara untuk dapil Kota Yogyakarta telah selesai.

Kondisi ini lebih cepat dari target awal KPU Kota Yogyakarta yang menargetkan sortir dan pelipatan 1.266.636 surat suara untuk empat jenis surat suara selesai dalam waktu 10 hari.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo mengatakan bahwa total terdapat 1.576.150 surat suara yang terdiri dari DPR RI yang sudah diselesaikan terlebih dahulu, serta DPRD Kota Yogyakarta, DPRD DIY, DPD RI, dan Presiden yang telah dirampungkan belum lama ini.

"Total dari 5 jenis surat suara tersebut, terdapat 2.529 surat suara yang rusak. Jumlah ini relatif sedikit kalau melihat total surat suaranya mencapai 1,5 juta," ujarnya, Senin (1/4/2019).

Baca: KPU Kota Yogyakarta Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai 10 Hari

Kerusakan tersebut, lanjutnya, meliputi adanya titik noda di surat suara, tinta yang meluber, tinta yang tidak sempurna, surat suara yang robek, serta surat suara yang berlubang.

Pihaknya juga menemukan surat suara yang berbeda dapil masuk ke dapil Kota Yogyakarta.

"Ada surat suara DPRD Kulonprogo masuk sini. Jumlahnya ada beberapa. Itu langsung kita sortir," ujarnya.

Baca: Ratusan Petugas Mulai Lipat Surat Suara di Gudang II KPU Kota Yogyakarta

Ia pun telah menjelaskan bahwa telah melaporkan jumlah surat suara yang rusak kepada KPU DIY.

Selanjutnya ia tinggal menunggu hasil koordinasi KPU DIY dengan KPU RI terkait penggantian surat suara tersebut, mengingat menuju hari H proses pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi.

"Harapannya segera dapat pengganti dan cepat dikirim," tambahnya.

Ia pun menjelaskan, masih menunggu instruksi untuk penghapusan surat suara yang rusak apakah akan ditarik atau bisa dimusnahkan dengan cara dibakar oleh pihak KPU Kota Yogyakarta.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved