Kulon Progo

Verifikasi Bandara NYIA Mulai 4-6 April

Angkasa Pura 1 tengah mempersiapkan diri untuk verifikasi NYIA yang rencananya akan dilakukan pada 4 hingga 6 April 2019.

Verifikasi Bandara NYIA Mulai 4-6 April
Dokumentasi Humas AP I
Kondisi terkini proyek pembangunan NYIA di Temon. Foto diambil 26 Maret 2019. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM - Angkasa Pura 1 tengah mempersiapkan diri untuk verifikasi New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang rencananya akan dilakukan pada 4 hingga 6 April 2019.

General Manager AP 1, Agus Pandu Purnama mengatakan verifikasi tersebut dilakukan untuk mengukur kelayakan bandara.

"Verifikasi ini kan dari Kementerian Perhubungan untuk nantinya mengeluarkan sertifikasi, artinya mereka melihat bandara NYIA ini siap untuk operasional penerbangan atau tidak. Ada beberapa hal yang nantinya akan dicek, sisi darat, sisi udara, dan pendukung," katanya saat dihubungi Tribun Jogja, Minggu (31/3/2019).

Baca: Terminal NYIA Sudah Hampir Rampung, Tinggal Proses Finising Interior

"Dari sisi darat misalnya terminalnya, semua pendukung, peralatan diujicoba. Misalkan kalau di terminal ada garbarata, lalu peralatan X-ray untuk security. Kalau udara misal runway, taxiway, apakah sudah sesuai standar atau belum," sambungnya.

Tidak hanya dari segi fasiltas saja, seluruh dokumen, termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP), emergency planning, dan lain-lain juga akan menjadi bahan untuk verifikasi.

"Seluruhnya nanti akan dicek, termsuk dokumen. Kita kan punya sampel-sampel, hasil laboratorium, itu juga nanti akan dicek. Semua dokumen juga akan diverifikasi, utamanya seluruh fasilitas pendaratan, operasional penerbangan, semua dicek, yang jelas itu semua untuk keamanan,"bebernya.(tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved