Kota Yogya

Tidak hanya bagi Anggota, Koperasi Harus Berikan Manfaat bagi Masyarakat

Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta melakukan pemeringkatan pada seluruh koperasi yang ada di kota secara bertahap.

Tidak hanya bagi Anggota, Koperasi Harus Berikan Manfaat bagi Masyarakat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta melakukan pemeringkatan pada seluruh koperasi yang ada di kota secara bertahap.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Prabaningtyas menjelaskan bahwa koperasi perlu pemeringkatan karena untuk mengetahui kinerja koperasi dalam periode tertentu.

"Tahun lalu ada 130 koperasi dari total 364 koperasi yang diperingkatkan. Dari sana ada 2 koperasi dengan peringkat sangat berkualitas, 36 koperasi berkualitas, 92 koperasi cukup berkualitas, dan untuk peringkat tidak berkualitas tidak ada," bebernya pada Tribunjogja.com, Sabtu (30/3/2019).

Baca: 8 Langkah Mudah Quick and Fresh Make Up Look dari Emina Cosmetics

Penilaian pemeringkatan tersebut berdasarkan pada kelembagaan, usaha koperasi, keuangan, dan manfaat.

Praba, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa kebanyakan koperasi dengan peringkat cukup berkualitas terkendala dalam hal manfaat.

Selama ini, manfaat koperasi masih untuk lingkup anggota, belum masyarakat sekitar yang bukan anggota.

Hal ini penting mengingat keberadaan koperasi harus bisa memberikan manfaat bagi untuk anggota maupun masyarakat di sekitarnya.

"Aspek dari manfaat tersebut yakni ada penyerapan tenaga kerja, layanan koperasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat, dan turut berperan dalam menurunkan kemiskinan. Biasanya mereka ini hanya ada pengurus dan diolah sendiri oleh pengurus. Bukan diserahkan ke pengelola untuk koperasinya," bebernya.

Baca: Sepanjang 2018, Volume Perputaran Usaha Koperasi di Sleman Tembus Rp 1,9 Triliun

Ia menjelaskan, bahwa secara umum, kemanfaatan koperasi yang bisa dirasakan anggotanya hanya seputar urusan simpan pinjam.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved