Yogyakarta

MAARIF Institute Giatkan Literasi Media di Kalangan Pelajar Lewat Creatormuda Academy

MAARIF Institute Giatkan Literasi Media di Kalangan Pelajar Lewat Creatormuda Academy

MAARIF Institute Giatkan Literasi Media di Kalangan Pelajar Lewat Creatormuda Academy
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Pembukaan Creatormuda Academy yang diinisiasi oleh MAARIF Institute yang berlangsung di Sinergi Coworking Space, Jumat (29/3/2019).   

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Budaya membaca buku pada generasi muda, khususnya para pelajar Indonesia menurun seiring dengan semakin aktifnya anak muda menggunakan gawai.

Kini anak muda lebih tertarik membaca dan mencari Informasi dari internet.

Sayangnya, mendulang informasi dari internet tanpa dibarengi dengan sikap kritis dapat menyebabkan anak muda rentan 
terpapar hoax.

Baca: Mengenang Dian Al Mahri, Sosok Dermawan Pendiri Masjid Kubah Emas

Dalam rangka menggiatkan pentingnya literasi media pada pelajar SMA, MAARIF Institute menggelar kegiatan bertajuk 'Creatormuda Academy' di Sinergi Coworking Space pada Jumat (29/3/2019).

Baca: SMP Joannes Bosco Raih Juara Pertama Bullet Journal Competition

Creatormuda Academy merupakan sebuah platform pembelajaran offline untuk para pelajar tentang kebhinekaan dan literasi media.

Kegiatan selama dua hari ini diikuti oleh 210 pendaftar yang tergabung dalam 52 tim dari 33 SMA di DIY

Khelmy K. Pribadi selaku Koordinator Program mengatakan, lebih dari 70 tim dari berbagai sekolah di Yogyakarta telah mengirimkan berkas pendaftaran dan portofolio karya mereka.

"Kami mesti memilih yang terbaik dari yang baik yaitu tim yang mampu menawarkan ide-ide paling segar dan kreatif untuk diarahkan memproduksi konten positif sebanyak-banyaknya dalam platform online yang kami sediakan madingsekolah.id," katanya.

Lanjutnya, platform ini menjadi wadah ekspresi dan kreativitas para pelajar SMA untuk  berkarya dan menciptakan konten positif secara kontinu.

Baca: Pandji Pragiwaksono Buka-bukaan Alasannya Tertarik Dunia Politik Lewat Buku Septictank

Sementara itu, dalam sambutannya, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani menyebut kegiatan ini memberikan manfaat positif bagi generasi pelajar Indonesia.

Menurutnya, kegiatan ini tak hanya memberikan pendidikan literasi media, pada saat yang sama juga mengajarkan pendidikan karakter.

"Sehingga Creatormuda Academy ini tidak hanya melatih anak-anak dalam hal instrumennya saja seperti membuat video, foto, menulis, dan desain. Tapi juga membangun sikap anak-anak agar saling mengenal, dan mengargai satu sama lain,” ungkapnya. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved