Bantul

Pemasangan Terpal di Lokasi Longsor di Imogiri Sudah Capai 80 Persen, Relawan Berpacu dengan Waktu

Pemasangan Terpal di Lokasi Longsor di Imogiri Sudah Capai 80 Persen, Relawan Berpacu dengan Waktu

Pemasangan Terpal di Lokasi Longsor di Imogiri Sudah Capai 80 Persen, Relawan Berpacu dengan Waktu
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Tim TRC BPBD DIY melakukan teknik pemasangan terpal di lokasi tanah longsor Pajimatan Imogiri Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemasangan terpal yang dilakukan oleh tim TRC BPBD DIY bersama sejumlah relawan untuk menutup lokasi longsor di Pajimatan, Imogiri, Kabupaten Bantul sudah mencapai 80 persen. Artinya tinggal 20 persen lagi seluruh bagian longsor akan bisa tertutup.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Danang Samsurizal, ditemui di lokasi pemasangan terpal pada Senin (25/3/2019) mengatakan ketika hujan turun, tanah di bekas longsoran masih terus bergerak sehingga harus dilakukan upaya pengamanan.

Pemasangan terpal difungsikan untuk mengamankan area, supaya kerusakan pada bekas longsor tidak meluas.

"Kita terus menjahit terpal. Sudah 80 persen terpal yang terpasang. Tinggal 20 persen lagi sisanya," terang dia.

Baca: Terbuat dari Emas, Inilah Wujud Topeng Kematian Era Majapahit yang Pernah Ditemukan di Maguwoharjo

Danang mengungkapkan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika [BMKG] hujan sampai akhir Maret diprediksi masih cukup tinggi.

Pihaknya mengaku berpacu dengan waktu supaya lokasi longsor bisa segera tertutup dan rekahan tanah tidak diisi oleh air.

Adapun kendala yang dihadapi, menurut Danang dimensi tanah yang longsor cukup luas berkisar 4000-5000 meter persegi sehingga memerlukan teknik khusus.

"Terpal dijahit dan setelah itu kita pasang dengan teknik tertentu. Volume terpal berat dan luas. Itu yang menjadi tantangan kami," paparnya.

Baca: Asal usul Umbul Temanten dan Legenda Hilangnya Sepasang Pengantin

Pemasangan terpal terbagi menjadi tiga bagian. Bagian atas, tengah dan bawah. Saat ini proses pemasangan pada bagian atas dan tengah sudah selesai dilakukan. Tinggal menutup pada bagian bawah.

Bagian bawah ini, kata Danang, pemasangan terpal akan terus dilanjutkan pada hari ini dan kemungkinan sampai tiga hari berikutnya.

"Mudah-mudahan dua hari ini, pemasangan terpal akan selesai. Dan dua hari berikutnya menutup pada bagian samping-sampingnya," terang dia.

Diketahui sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana mengungkapkan sedikitnya membutuhkan 220 terpal untuk bisa menutup tanah yang longsor dengan panjang sekitar 120 meter itu.(tribunjogja)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved