Kota Yogya

KPU Kota Yogyakarta Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai 10 Hari

Sebanyak 210 petugas dikerahkan untuk melipat kertas suara yang ditargetkan selesai 10 hari ke depan terhitung sejak Senin (25/3/2019).

KPU Kota Yogyakarta Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai 10 Hari
Tribun Jogja/ Hasan Sakri
Petugas pelipat surat suara menyortir surat suara DPRD DIY Pemilu 2019 sebelum dilipat di gudang KPU Kota Yogyakarta, Senin (25/3/2019). KPU Kota Yogyakarta menargetkan proses pelipatan untuk empat macam surat suara dapat selesai dalam waktu 10 hari dengan mengerahkan 210 petugas. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Empat surat suara untuk Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta telah tiba, Minggu (24/3/2019) sore, di Gudang Jalan Nogosari 1 Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo mengatakan sebanyak 210 petugas dikerahkan untuk melipat kertas suara yang ditargetkan selesai 10 hari ke depan terhitung sejak Senin (25/3/2019).

Adapun surat suara yang dilipat hari ini meliputi surat suara DPRD Kota Yogyakarta, DPRD DIY, DPD RI, dan Presiden.

Sebelumnya, pelipatan surat suara DPR RI telah selesai dilakukan dan ditempatkan di Gudang KPU Kota Yogyakarta yang berada di Ringroad Timur.

"Kami akan evaluasi untuk hasil hari ini. Bila dirasa butuh tambahan personil, akan kami tambah untuk bisa memenuhi target," jelasnya.

Ia mengatakan, pihaknya sengaja memilih gudang baru di Kecamatan Keraton karena luas dan mampu menampung jumlah petugas lipat yang banyak sehingga memungkinkan aktivitas pelipatan kertas suara berjalan dengan kondusif.

Baca: Ratusan Petugas Mulai Lipat Surat Suara di Gudang II KPU Kota Yogyakarta

"Nanti setelah dilipat di sini, akan disimpan di gudang yang sana (Ringroad Timur) untuk selanjutnya dimasukkan di kotak suara per TPS," tambahnya.

Total terdapat sejumlah 1.266.636 surat suara untuk empat jenis surat suara tersebut.

Surat suara yang telah selesai dilipat, selanjutnya dikemas dalam satu bendel yang berisi 25 surat suara.

"Selanjutnya akan ditimbang dengan timbangan digital. Kalau timbangannya 140-360 gr maka betul isinya 25 surat suara. Lebih atau kurang dari itu perlu dilihat lagi," ungkapnya.

Baca: KPU Kota Yogyakarta Temukan 300 Surat Suara DPR RI Rusak

Surat suara tersebut, selanjutnya akan dikirim ke Gudang Ringroad Timur untuk dimasukkan ke kotak suara per TPS.

Di dalam kotak suara akan dilapisi plastik dan bagian luar juga dilapisi plastik.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryo Samudro mengatakan bahwa ia telah memantau gudang baru KPU Kota Yogyakarta. Di sana ditemukan bagian atap yang bocor.

"Namun nanti saat pelipatan dan hujan deras, kami minta lokasi yang bocor dikosongkan," imbuhnya. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved