Kota Yogyakarta

Wujudkan Komitmen, Personel TNI Bersihkan Sungai Gajah Wong

Acara bersih sungai di hadiri oleh Dandim 0734/Yogya sekaligus sebagai pengambil apel.

Wujudkan Komitmen, Personel TNI Bersihkan Sungai Gajah Wong
Istimewa
Sejumlah personil TNI dari Koramil 07/Umbulharjo dan Kodim 0734 Yogya bersama masyarakat membersihkan Sungai Gajah Wong, tepatnya di kawasan Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, Minggu (24/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Personel Koramil 07/Umbulharjo dan Kodim 0734 Yogya membersihkan Sungai Gajah Wong, tepatnya di kawasan Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta, Minggu (24/3/2019).

Bersama sejumlah komunitas seperti FKPPI dan Anak Korps Baret Merah (AKBM) Mahasiswa serta masyarakat, giat bersih-bersih ini membuktikan komitmen TNI dalam menjaga kelestarian alam khususnya di wilayah Koramil 07/Umbulharjo Kodim 0734 Yogyakarta.

Acara bersih sungai di hadiri oleh Dandim 0734/Yogya sekaligus sebagai pengambil apel.

Dalam sambutannya Dandim 0734 Yogya, Letkol Inf. Wiyata Sempana Aji mengungkapkan bersih-bersih sungai merupakan kegiatan yang mulia dalam hal menjaga kehidupan ekosistem sungai.

Baca: Jarang Terjadi! Lomba Tangkap Bebek di Sungai Gajah Wong Yogyakarta

Peduli terhadap lingkungan, antara lain terhadap kebersihan sungai, menjadi bagian dari tugas TNI dalam memberdayakan salah satu wilayah pertahanan.

Dirinya menjelaskan dalam dunia militer, sungai bisa menjadi jalur perhubungan, logistik sumber air, pertahanan wilayah, rintangan bagi musuh, dan lainnya.

Selain itu, sungai juga memiliki hubungan dengan akses ekonomi, kesehatan dan lain-lain bagi masyarakat di sekitar sungai. Bahkan, apabila sungai terawat kondisinya, bisa menunjang pariwisata.

"Kami juga ingin mengedukasi masyarakat perihal begitu banyak manfaat dan dampak positif dari sungai," katanya di Taman Legawong, Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dengan menjaga alam, dia percaya alam juga akan menjaga manusia.

Sungai dipilih menjadi lokasi kegiatan bersih-bersih, mengingat belakangan ini kerap terjadi bencana alam yang berhubungan dengan air, di sejumlah daerah, tak terkecuali DIY.

Baca: Lomba Mancing Gratis 2 Kuintal Ikan di Sungai Gajah Wong

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved