Sleman

Sebagian Rumahnya Ambrol, Sutopo Sebut Longsor Sering Terjadi

Sebelum kejadian semalam pun, Sutopo mengakui sudah melihat retakan-retakan di lantai dapurnya tersebut.

Sebagian Rumahnya Ambrol, Sutopo Sebut Longsor Sering Terjadi
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Sutopo menunjukkan bagian dapur rumahnya yang ambrol akibat derasnya hujan pada Sabtu (23/03/2019) malam 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Wajah Sutopo tampak pasrah. Ia hanya bisa memandangi sisa bangunan bagian dapur rumahnya yang rontok pada Sabtu (23/03/2019) malam lalu.

Sutopo sendiri nyaris menjadi korban saat longsor terjadi. Ia menceritakan saat itu ingin membuat kopi. Ia pun melangkah masuk dapur bermaksud untuk melakukan hal tersebut.

Namun setelahnya, ia melihat bahwa kopinya habis dan memutuskan untuk kembali ke ruang tengah rumahnya.

"Sekitar 5 menit kemudian tiba-tiba ada suara gemuruh besar dan kelontangan dari dapur," tutur Sutopo saat ditemui pada Minggu (24/03/2019) siang.

Baca: Simulasi Longsor di Desa Sitimulyo, Warga Sitimulyo Was-was Saat Hujan Turun

Seluruh perabotan dapur dan peralatan makan turut rontok seketika. Saat itu pun kondisi masih hujan deras. Sehingga suara longsoran hanya didengar oleh orang-orang di rumah Sutopo.

Ia pun segera meminta bantuan Lurah setempat dan warga sekitar. Sejumlah barang utama seperti kompor gas dan lainnya berhasil diselamatkan.

"Masih ada pecahan piring dan gelas di bawah tanah sisa longsoran, tapi nanti sajalah. Saya masih belum berani," kata Sutopo.

Rumah milik warga Dusun Jenengan, Pondokrejo, Tempel ini memang posisinya lebih tinggi dari rumah-rumah lain di sekitarnya. Posisinya pun berada di pinggir kali kecil.

Menurut Sutopo, tanah tempat rumahnya dibangun memang langganan longsor. Ia sendiri sudah membuat konstruksi bangunan dengan cor agar bagian dapur rumahnya tetap kokoh dari ancaman longsor.

Halaman
12
Penulis: Alexander Aprita
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved