Yogyakarta

Rapat Umum Terbuka Sudah Dimulai, Peserta Pemilu Berkomitmen Wujudkan Kampanye Damai

Titik cegah ada di peserta pemilu, sehingga peserta pemilu diharapkan bisa saling berkomitmen agar mencapai kampanye yang damai.

Rapat Umum Terbuka Sudah Dimulai, Peserta Pemilu Berkomitmen Wujudkan Kampanye Damai
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jadwal rapat umum terbuka bagi peserta pemilu 2019 sudah mulai dilaksanakan pada Minggu, 24 Maret 2019, dan akan berakhir pada 13 April 2019 mendatang.

Untuk itu, Bawaslu DIY mewanti-wanti peserta pemilu agar berkomitmen untuk mencapai kampanye damai
Amir Nashirudin, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY, menjelaskan jika dalam rapat umum terbuka, dimana kegiatan yang dilakukan adalah di tempat terbuka, konflik sangat dimungkinkan terjadi. 

Oleh karenanya, yang bisa meminimalisir adanya konflik tersebut adalah peserta pemilu.

Dia menyampaikan, titik cegah ada di peserta pemilu, sehingga peserta pemilu diharapkan bisa saling berkomitmen agar mencapai kampanye yang damai.

"Titik cegah ada di peserta pemilu. Kalau di rapat umum terbuka potensi konflik bisa lebih banyak. Oleh karenanya, kalau dari penyelenggara sudah memberikan zona-zona, namun untuk mencegah konflik, bagaimana komitmen dari peserta pemilu sendiri," ungkapnya.

Baca: Bawaslu dan Satpol PP Sleman Tertibkan Ratusan Bendera Parpol di Flyover Jombor

Amir manyampaikan jika, saat melakukan rapat umum terbuka,  sudah seyogyanya peserta pemilu bisa melihat situasi dan kondisi.

"Semua kembali ke peserta pemilu. Dia memiliki hak untuk melakukan rapat umum terbuka. Apakah hak tersebut mau digunakan secara maksimal atau menyesuaikan demi kenyamanan warga. Mungkin peserta pemilu baiknya bisa mengevaluasi dari kejadian yang terjadi di rapat terbatas sebelumnya," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat DIY, Freeda Mustikasari, menyampaikan jika pihaknya sudah mewanti-wanti agar para peserta rapat umum terbuka bisa selalu tertib.

Pihaknya dari awal juga tidak memperbolehkan adanya konvoi maupun adanya knalpot blombongan pada setiap peserta rapat umum terbuka.

Selain itu, pihaknya juga akan mematuhi jam kampanye yang sudah dijadwalkan.

Halaman
123
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved