Kota Yogyakarta

KPU Kota Yogyakarta Lakukan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan tingkat Kota

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilu 2019 tingkat kota Yogyakarta.

KPU Kota Yogyakarta Lakukan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan tingkat Kota
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
SIMULASI PENCOBLOSAN - Warga bersama petugas penyelenggara pemilihan umum dan KPU Kota Yogyakarta melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu 2019 di Rotowijayan, Yogyakarta, Minggu (24/3/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilu 2019 tingkat kota Yogyakarta.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo mengatakan simulasi melibatkan seluruh petugas seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi, bahkan pemilih pun pemilih yang terdaftar.

"Simulasi ini dilakukan seperti saat nanti Pemilu yang sesungguhnya. Mulai TPS dibuka pukul 07.00 untuk pemungutan suara, lalu nanti sampai penghitungan suaranya. Tetapi untuk pemilih kami ambil sampel 100 saja," katanya disela simulasi di Ndalem Benawan kecamatan Kraton, Yogyakarta, Minggu (24/3/2019).

Baca: KPU Kota Yogya Minta Peserta Pemilu Taati Jadwal Rapat Terbuka

"Dari 100 itu sudah mewakili semua, dari lansia, difabel, maupun pemilih pemula. Dalam simulasi ini setting tempat juga sama seperti aslinya, formulir-formulir juga sama. Jadi memang seperti saat Pemilu nanti," sambungnya.

Dalam simulasi tersebut, waktu yang dibutuhkan antara pemilih pemula, pemilih lansia, dan difabel berbeda.

Jika pemilih pemula hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 menit, pemilih lansia dan difabel membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Terkait dengan pemilih difabel, pihaknya sudah memberikan fasiitas.

Meja pencoblosan sudah dibuat berongga supaya kursi roda bisa masuk.

Kotak suara juga tidak tinggi, sehingga pemilih difabel bisa memasukkan sendiri surat suaranya.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved