Terganjal Statuta FIFA, Ezra Walian Dipastikan Tak Bisa Bela Timnas Indonesia U-23

Ezra Walian dipastikan tak bisa membela timnas U-23 Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam

Terganjal Statuta FIFA, Ezra Walian Dipastikan Tak Bisa Bela Timnas Indonesia U-23
Tribunnews.com
Ezra Walian 

TRIBUNJOGJA.COM - FIFA telah mengambil keputusan bahwa pemain naturalisasi Ezra Walian tak bisa lagi membela timnas Indonesia.

Dilansir BolaSport.com dari Kompas.com, FIFA telah mengambil keputusan bahwa mereka tak mengizinkan Ezra Walian untuk membela timnas Indonesia, karena sudah pernah memperkuat timnas U-17 pada kompetisi resmi UEFA, yakni Piala Eropa U-17.

Keputusan itu didasari dari Statuta FIFA pasal 5 ayat 2.

Pada pasal 5 ayat 2 Statuta FIFA, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Ezra Walian usai melakukan sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5/2017).
Ezra Walian usai melakukan sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5/2017). (SUPER BALL/FERI SETIAWAN)

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional. Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi.

Pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti.

Apabila dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

Dalam kasus ini, Ezra akan didaftarkan ke pertandingan resmi Level A yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Ezra Walian menyanyikan lagu kebangsaan menjelang laga SEA Games 2017 antara timnas U-22 Indonesia dan Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017).
Ezra Walian menyanyikan lagu kebangsaan menjelang laga SEA Games 2017 antara timnas U-22 Indonesia dan Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT)

Surat FIFA tertanggal 21 Maret 2019 yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players' Status, Erika Montemor Ferreira, berbunyi sebagai berikut:

"Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda."

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved