Yogyakarta

Bekraf: Sektor Perfilman Belum Dikembangkan Maksimal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berusaha mendorong subsektor ekonomi kreatif film untuk bisa berkembang di sejumlah daerah Indonesia.

Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jogja/ Yosef Leon Pinsker
Direktur Hubungan Antarlembaga Luar Negeri Bekraf, Candra Negara saat membuka pelatihan manajemen komisi film di Hotel Tentrem Yogyakarta, Jumat (22/3/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berusaha mendorong subsektor ekonomi kreatif film untuk bisa berkembang di sejumlah daerah Indonesia.

Hal itu menjadi fokus pengembangan yang tengah diseriusi Bekraf pada tahun ini, termasuk di dalamnya video, game dan aplikasi, serta musik.

"Kita melihat sektor ini belum dikembangkan dengan maksimal. Karena dampaknya bisa berpengaruh ke sektor lainnya, misalnya kuliner, tenaga kerja lokal, dan lain sebagainya," kata Direktur Hubungan Antarlembaga Luar Negeri Bekraf, Candra Negara, disela pelatihan manajemen komisi film di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat (22/3/2019).

Baca: Akibat Banjir, 62 Hektar Lahan Pertanian Bawang Merah di Bantul Gagal Panen

Baca: 5 Destinasi Wisata Alam nan Kekinian di Sleman dan Bantul, Pas untuk Tempat Berswafoto

Dalam pelatihan tersebut, disebut Candra, merupakan salah satu cara pihaknya dalam memperkuat peran daerah dalam mengembangkan dan memperkuat sektor perfilman daerah.

Candra menyebut, dengan dijadikannya suatu daerah sebagai tempat dalam proses pembuatan film akan banyak dampak ekonomi lain yang turut terdongkrak.

Ia mencontohkan film Laskar Pelangi yang digarap di Bangka Belitung beberapa tahun lalu. Semula, penerbangan di daerah tersebut hanya sebanyak satu kali menuju Jakarta. Kini telah sejumlah 15 kali, dengan tambahan sejumlah fasilitas infrastruktur lainnya.

"Kita juga mendorong untuk terbentuknya komisi film daerah (KFD) yang akan bekerjasama dengan berbagai komunitas film guna membedakan fasilitas yang mudah dan murah dalam pembuatan film," ujarnya.(tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved