Pemilu 2019

Pastikan Lokasi TPS, Pemilih yang Masuk ke DPTb Diminta Lapor ke Kelurahan

Pastikan Lokasi TPS, Pemilih yang Masuk ke DPTb Diminta Lapor ke Kelurahan

Pastikan Lokasi TPS, Pemilih yang Masuk ke DPTb Diminta Lapor ke Kelurahan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
KPU DIY menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPTb Pemilu 2019 tingkat Propinsi di Hotel Tentrem pada Kamis (20/3/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Komisioner KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati meminta agar pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) agar melapor ke kelurahan untuk mendapatkan kejelasan TPS tempat mereka akan memberikan suaranya pada Pemilu 2019.

Ia mengatakan saat ini jumlah DPTb yang masuk ke Kota Yogyakarta total sejumlah 9.137 pemilih.

Jumlah tersebut terdiri dari pemilih yang menggunakan hak pilih di Kota Yogya dan mengurus pindah pilih di kota asal sejumlah 759 pemilih serta pemilih yang menggunakan hak pilih di Kota Yogya dan mengurus pindah pilih di Kota Yogya sebanyak 8.378 pemilih.

Baca: KPU DIY Catat Jumlah Pemilih Masuk di Yogyakarta Sebanyak 45.544 Orang

"Selain ada pemilih yang masuk, ada juga pemilih kota Yogya yang keluar sejumlah 3.036 yang terdiri dari 1.666 pemilih yang menggunakan hak pilih di luar kota dan mengurus pindah pilih di kota serta 1.370 pemilih yang menggunakan hak pilih di luar kota dan mengurus pindah pilih di kota tujuan," jelasnya, Kamis (21/3/2019).

Terkait ketersediaan surat suara, hingga saat ini regulasi yang digunakan masih sama yakni jumlah DPT + 2 persen dari DPT.

Total DPT untuk Kota Yogyakarta ada di angka sekitar 300.000 pemilih, sehingga untuk surat suara cadangan adalah 2 persen dari 300.000 atau sekitar 6.000 surat suara. Namun surat cadangan tersebut selain digunakan bagi DPTb juga digunakan oleh mereka yang masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).(tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved