Pendidikan

Dukung Pembangunan Bidang Pertanian dan Pariwisata, UGM dan Kabupaten Empat Lawang Jalin Kerjasama

UGM dan Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan menjalin kerjasama dalam rangka mendukung pembangunan di bidang pertanian dan pariwisata.

Dukung Pembangunan Bidang Pertanian dan Pariwisata, UGM dan Kabupaten Empat Lawang Jalin Kerjasama
istimewa
penandatanganan nota kesepahaman  yang dilakukan oleh Rektor UGM Panut Mulyono (kanan) dengan Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad (kiri) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - UGM dan Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan menjalin kerjasama dalam rangka mendukung pembangunan di bidang pertanian dan pariwisata.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman bersama yang dilakukan oleh Rektor UGM Panut Mulyono dengan Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad mengatakan Kabupaten Empat Lawang merupakan kabupaten baru di Sumatera Selatan.

"Kabupaten Empat Lawang sebelumnya hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat. Saat ini masuk usia ke-12 tahun setelah pemekaran,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (21/3/2019).

Dengan wilayah seluas kurang lebih 2256 kilometer persegi dengan penduduk 331 ribu jiwa, sumber ekonomi terbesar masyarakat berasal dari bidang pertanian.

“Lebih dari 90 persen bergantung dari sektor pertanian, penghasil kopi,” lanjutnya.

Meski memiliki potensi besar di bidang pertanian, pihaknya berupaya mendorong pengembangan ekonomi desa agar lebih sejahtera dan mandiri dari berbagai salah satunya dari pariwisata.

“Kita ingin bisa bermitra dengan baik banyak ahli di berbagai bidang datang ke Empat Lawang,” ujarnya.

Baca: Pakar Geologi UGM : Potensi Longsor dan Banjir Masih Ada Ketika Curah Hujan Tinggi

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono mengapresiasi adanya kerja sama dengan Kabupaten Empat Lawang yang menurutnya memberikan peluang bagi UGM untuk berkontribusi untuk mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Jika diperlukan, kita akan tempatkan mahasiswa KKN untuk membantu pendataan dan memprioritaskan berbagai persoalan untuk diselesaikan,” katanya.

Sehubungan dengan bidang pariwisata dan pendataan wilayah serta  pengembangan sektor pertanian, pihaknya siap membantu dengan menerjunkan tim pakar.

“Kita antusias untuk diajak mengembangkan fasilitas pertanian dan pariwisata agar bisa memberikan harapan agar perekonomian makin meningkat,” terangnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved